Senin, Desember 6, 2021

Andong Merah Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Must Read

Andong merah menyembuhkan berbagai penyakit karena efek farmakologi dan senyawa atau zat anti bengkak, mendinginkan, anti radang, hemostatik, dan menghilangkan sakit.

aksiografi.com – Andong yang biasa juga disebut hanjuang atau bakjuang merupakan tanaman perdu dari kelas Monocotyledoneae. Tanaman ini sering dijumpai dimana saja. Masyarakat desa sering menjadikan Andong merah sebagai pembatas lahan sawah, kebun, dan dijadikan sebagai pagar rumah maupun kuburan.

Bunga ini disebut juga Andon atau nama latinnya Coryline fruticosa (Linn.) A Cheval, atau Cordyline (L) Kunth. Tanaman andong merah termasuk dalam famili tumbuhan Liliaceae dan sering dijadikan sebagai obat herbal.

Tanaman obat ini tersebar luas di Asia Tenggara, Melanesia, Australia, hingga polinesia sehingga memiliki banyak nama lokal. Tanaman ini mudah dipelihara karena tahan terhadap kekeringan. Ia dapat hidup di semua topografi, baik di dataran rendah hingga pada ketinggian 1900 meter di atas permukaan laut.

andong merah menyembuhkan berbagai penyakit

Daunnya berukuran besar dengan ujung meruncing berbentuk lanset. Daun andong berwarna merah kegelapan seperti terlihat ungu dan merah mudah. Daun yang tua terlihat seperti merah kehitaman.

Di beberapa negara seperti di Hawaii, penduduk asli mempercayai tanaman andong mampu mengusir makhluk halus yang bersifat jahat dari rumah. Di beberapa daerah di Indonesia seperti Sulawesi Selatan, penduduk memanfaatkan daun andong sebagai bahan salah satu pengobatan untuk menangkal kejahatan baik jin maupun manusia.

Hanjuang nama lain Andong memiliki manfaat dan khasiat pengobatan untuk berbagai jenis penyakit. Manfaat dan khasiatnya inilah sehingga rumah-rumah penduduk di pedesaan selalu ada tanaman andong di sekitar rumahnya.

Efek Farmakologi Andong Merah

Efek farmakologi andong yang ditimbulkan diantaranya menyejukkan, menghentikan pendarahan, antibakteri, agak manis, mencairkan darah beku, dan antiproliferatif (mencegah pertumbuhan kanker dan tumor).

Baca Juga:   Buah Alpukat Menyembuhkan Sariawan

Senyawa kimia yang dikandungnya diantaranya saponin, timidine, tanin, flavonoid, polifenol, stereoida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi. Zat inilah yang membuat kandungan andong sebagai anti bengkak, mendinginkan, anti radang, hemostatik, dan menghilangkan sakit.

Tanaman andong merah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyejukkan darah, mencegah keguguran, mengobati nyeri lambung dan ulu hati, serta tuberkolosis (TBC).[1]

Selain itu tanaman andong digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bengkak karena memar (anti-swelling), menghentikan pendarahan (hemostatik), menstruasi yang banyak, air kemih berdarah, wasir berdarah, disentri, nyeri pada lambung dan ulu hati, diare, luka berdarah, dan batuk darah atau TBC paru.[2]

Penyakit yang Disembuhkan

Andong merah menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut jenis penyakit yang dapat disembuhkannya dan cara pengobatannya.

1. TBC Paru dengan Batuk Darah

Ambil daun kering sebanyak 15 – 30 gram. Daun kering itu direbus dengan takaran airnya lima gelas dan menjadi dua gelas. Selain daun kering, bisa juga menggunakan bunga kering 9 – 15 gram. Bunga kering itu direbus dengan air tiga gelas hingga tersisa satu gelas. Jika menggunakan akar kering, ambil sebanyak 6 – 10 gram lalu rebus dengan takaran 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.

2. Menstruasi yang Banyak

Takaran yang digunakan sama dengan mengobati TBC Paru dengan batuk darah. Ambil daun kering sebanyak 15 – 30 gram. Daun kering itu direbus dengan takaran airnya lima gelas dan menjadi dua gelas. Dinginkan lalu minum setiap hari. Selain daun kering, bisa juga menggunakan bunga kering 9 – 15 gram. Bunga kering itu direbus dengan air tiga gelas hingga tersisa satu gelas. Jika menggunakan akar kering, ambil sebanyak 6 – 10 gram lalu rebus dengan takaran 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Komposisi ramuan ini juga mengobati Air Kemih Berdarah dan Wasir Berdarah

Baca Juga:   10 Manfaat Kemuning Mengobati Penyakit

3. Nyeri Lambung dan Ulu Hati

Ambil daun kering sebanyak 15 – 30 gram. Daun kering itu direbus dengan takaran airnya lima gelas dan menjadi dua gelas. Dinginkan lalu minum setiap hari. Selain daun kering, bisa juga menggunakan bunga kering 9 – 15 gram. Bunga kering itu direbus dengan air tiga gelas hingga tersisa satu gelas. Dinginkan lalu minum setiap hari. Jika menggunakan akar kering, ambil sebanyak 6 – 10 gram lalu rebus dengan takaran 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.

4. Air Kemih Berdarah

Mengobati penyakit ini gunakan daun segar sebanyak 60 – 100 gram atau akar 30 – 60 gram. Lalu rebus dengan takaran tiga gelas air. Didihkan hingga tersisa satu gelas air. Air hasil rebusan dinginkan lalu minum setiap hari hingga sembuh. Komposisi ramuan ini juga mengobati menstruasi yang tidak lancar sehingga terjadi peradangan.

5. Sengatan Ikan Swanggi

Ambil daun segar lalu dipipis. Setelah itu daun yang telah dipipis dipanaskan lalu diurapkan ke bagian yang luka.

6. Radang Gusi

Ambil kulit batang andong merak dengan cara mengikis kulitnya. Setelah itu beri garam sedikit dan oleskan pada tempat yang sakit. Lakukan berkali-kali hingga rasa radang gusi hilang. Biasanya dilakukan selama tiga hari.

Andong merah menyembuhkan berbagai penyakit seperti diatas hampir sama di semua daerah. Andong merah juga dapat digunakan untuk mengusir hama di persawahan.

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Disunting oleh: dr. Sri Hikmawaty


Referensi

[1]  (Bogoriani, et al., 2007)

[2]   (Dalimartha, 2006).

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img