Andong (Coryline fruticosa Linn)

Andong (Coryline fruticosa Linn) merupakan tanaman herba yang memiliki khasiat pengobatan sehingga sering dijadikan obat herbal sejak dulu hingga sekarang.

aksiografi.com – Andong (Coryline fruticosa Linn) A Cheval atau Cordyline (L) Kunth merupakan tanaman yang termasuk dalam famili tumbuhan Liliaceae. Tumbuhan monokotil berbatang ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan atau difungsikan sebagai tanaman pagar di kebun. Daun andong berbentuk lanset, berukuran agak besar dan berwarna hijau kemerah-merahan (Dorcyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena).

Morfologi

Tanaman perdu tegak ini memiliki akar berserabut yang berwarna putih kekuningan. Tinggi batang bisa mencapai hingga dua meter lebih dan jaran bercabang. Warna batang cokelat keabu-abuan.   

Andong (Coryline fruticosa Linn) berdaun tunggal berbentuk lanset, berukuran agak besar dan memancang . Ujung daun meruncing dengan bagian tepi merata. Panjang daun berkisar antara 20 – 60 sentimeter dengan lebar berkisar 5 hingga 13 sentimeter.

tanaman andong menyembuhkan penyakit

Warna daun hijau dan cokelat kemerah-merahan (Dorcyline) atau berwarna hijau muda (Dracaena). Tangkai daun berbentuk talang, permukaan daun licin, dan pertulangan menyirip. Tanaman herba ini juga memiliki bunga majemuk yang bertangkai panjang. Panjangnya sekitar 1,4 sentimeter.

Efek Farmakologi Andong (Coryline fruticosa Linn)

Andong memiliki efek farmakologi diantaranya menyejukkan, menghentikan pendarahan, antibakteri, agak manis, mencairkan darah beku, dan antiproliferatif (mencegah pertumbuhan kanker dan tumor).

Terdapat senyawa kimia pada tanaman ini, baik pada akar, batang, maupun daun yaitu timidine, tanin, flavonoid, polifenol, stereoida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi. Kandungan zat inilah yang dapat menghilangkan rasa sakit, mengobati beberapa jenis penyakit tertentu, dan menyembuhkan. Tidak heran jika sejak lama andong dijadikan sebagai obat herbal.

Penyakit yang Disembuhkan

Secara turun temurun, tanaman andong dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menyejukkan darah, mencegah keguguran, mengobati nyeri lambung dan ulu hati, serta tuberkolosis (TBC).[1]

Selain itu tanaman andong digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bengkak karena memar (anti-swelling), menghentikan pendarahan (hemostatik), menstruasi yang banyak, air kemih berdarah, wasir berdarah, disentri, nyeri pada lambung dan ulu hati, diare, luka berdarah, dan batuk darah atau TBC paru.[2]

Andong merah menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut jenis penyakit yang dapat disembuhkannya dan cara pengobatannya.

Berikut jenis penyakit yang mampu disembuhkannya dan cara pengobatannya.

  1. TBC Paru dengan batuk darah;
  2. Ancaman aborsi, menstruasi yang banyak, air kemih berdarah dan wasir berdarah;
  3. 3. Nyeri lambung dan Ulu hati;
  4. 4. Air kemih berdarah, tidak menstrusi;
  5. 5. Sengatan ikan Swanggi; dan     
  6. 6. Radang gusi.

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Ditinjau oleh: dr. Sri Hikmawaty


[1]              Bogoriani, et at., 2007

[2]              Dalimartha, 2006