Rabu, Juni 16, 2021

8 Khasiat Tanaman Boroco

Must Read

8 khasiat tanaman Boroco dalam pengobatan berdasarkan kearifan lokal secara turun-temurun dan hasil riset.

aksiografi.com – Boroco merupakan tanaman herba yang tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini terkenal sebagai gulma yang membawa masalah bagi petani dalam sistem pertanian intensifikasi. Namun tanaman ini termasuk salah satu jenis tanaman obat.

Tumbuhan tahunan ini mekar di pertengahan musim semi ke musim panas. Keindahan bunganya yang berwarna-warni menjadikan tanaman ini sering menjadi tanaman hias di pekarangan rumah. Ada warna ungu, putih, biru, dan merah. Perkembangbiakannya sangat cepat melalui biji.

Klasifikasi Boroco

Boroco, dalam bahasa Latin adalah Celosia argentea L., termasuk ke dalam famili Amaranthaceae. Dalam bahasa Inggris tanaman ini bernama quail grass, the plumed cockscomb, silver cock’s comb. Dalam bahasa Cina yaitu qing Xiang zi. Di Indonesia, boroco terkenal dengan sebutan jengger berbulu atau jengger ayam.

8 Khasiat Tanaman Boroco
Sumber foto: aliexpress.com

Tanaman ini memiliki nama daerah bayam ekor belanda, bayam kucing dan kuntha. Di beberapa daerah di Nusantara, boroco terkenal sesuai dengan daerahnya. Orang Sumatra Barat menyebut tanaman ini sebagai bayam bludu, orang Sunda menamakan jawer hayam, orang Jawa Tengah menyebut jengger ayam, dan orang Bali memberi nama janggar siap.

Sifat Kimiawi Boroco

Kandungan kimia tumbuhan ini memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Kandungan bahan kimia tumbuhan ini belum banyak terungkap masih dalam tahap penelitian.

Baca Juga:   Makanlah Buah Apel Setiap Hari untuk Menghindari Bertemu Dokter
Baca Juga:   Virus Corona pada Anjing Disebut CCoV

Hasil Riset Celosia argenta L

Berbagai riset telah terungkap dalam menguji kandungan boroco seperti skrining fitokimia dan penetapan kandungan flavonoid seperti hasil riset Abd. Malik, Ferawati Edward, dan Risda Waris.

8 Khasiat Tanaman Boroco

Efek Farmakologis Celosia argenta L

Tumbuhan ini bersifat anti hipertensi dan anti radang mata.

Bagian Tanaman yang Berguna

Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan biji, bunga atau seluruh tanaman, segar atau dikeringkan. Tanaman kering hasil penjemuran dapat disimpan.

Penyakit yang Dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

Obat Keratis (Radang Kornea)

Ambil biji boroco sebanyak 15 gram, tambahkan 4 hati ayam, lalu rebus bersama-sama sebanyak 3 gelas air. Didihkan hingga tersisa 1,5 gelas air. Makan hati ayam dan saring air rebusannya. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing setengah gelas. Lakukan secara rutin setiap pagi, siang, dan sore selama masa pengobatan.

Obat Hipertensi

Ambil biji boroco 30 gram lalu cuci. Rebus dengan tambahkan sebanyak 1 gelas air. Rebus hingga air tinggal ⅓ gelas. Bagi hasil rebusan menjadi dua, lalu minum setiap hari. pagi dan sore selama masa pengobatan.

Obat Muntah Darah

Ambil bunga boroco segar 30 – 60 gram. Rebus dengan menambahkan daging secukupnya, masak menjadi sup secukupnya.

Baca Juga:   Alang-Alang atau Imperata cylindrica L.

Obat Mata

Ambil bunga boroco lalu rebus. Dinginkan lalu saring dengan menggunakan kertas saring. Air saringan berguna untuk cuci mata yang sakit.

Obat Keputihan

Ambil bunga boroco sebanyak 60 gram lalu tambahkan 60 gram daging. Lalu rebus seperti membuat sop. Lalu minum airnya dan makan dagingnya.

Obat Infeksi Luar dan Dalam Mata

Ambil biji boroco sebanyak 10 – 30 gram, lalu rebus, dan minum air rebusan secara rutin selama masa penyembuhan.

Obat Disentri

Ambil tanaman boroco bagian akar, batang, daun, dan bunga sebanyak 30 – 60 gram, cuci bersih lalu rebus dengan air sebanyak tiga gelas. Didihkan hingga tersisa 1,5 gelas. Minum tiga kali dalam sehari air rebusan itu.

Baca Juga:   Khasiat Kesehatan Belimbing Wuluh

Obat Infeksi Saluran Kencing

Ambil tanaman 30 – 60 gram, lalu rebus dan minum air rebusannya selama masa penyembuhan.

Itulah 8 (delapan) khasiat tanaman boroco bagi kesehatan. Perhatian: Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala rasa kering di tenggorokan. Bila penggunaan obat ini dihentikan atau dikurangi, maka rasa kering ini akan hilang dengan sendirinya. Kontra indikasi untuk tekanan bola mata yang meninggi.

Penulis: Gusti Zainal

Penyunting: dr. Sri Hikmawati

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img