8 Khasiat Kesumba Keling untuk Kesehatan

Must Read

Manfaat Kesumba Keling untuk Kesehatan ternyata dapat mengobati penyakit masuk angin, demam, kurang nafsu makan, perut kembung, dan pendarahan.

aksiografi.com – Kesumba keling atau Bisa orellana L. merupakan tanaman perdu yang memiliki ketinggian dua hingga sembilan meter. Tanaman ini memiliki buah yang mirip dengan rambutan, memiliki rambut luar berwarna merah. Pigmentaria Rumph., nama lainnya dalam bahasa Latin, ternyata bermanfaat sebagai pewarna alami.  

Biji merah kesumba keling memiliki pigman merah sehingga dapat diekstraksi. Itu juga sebabnya kesumba keling biasa disebut juga pohon lipstik atau lipstick tree bagi orang Amerika. Tidak heran jika di beberapa daerah menamakan tanaman ini sebagai kesumba. Kulit kesumba keling ternyata juga dapat berfungsi sebagai tali. Daun dan batang kesumba keling berfungsi sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit umum.

Kesumba keling dalam kemasan juga banyak diperjualbelikan di media online. Kisaran harga anara Rp 50.000 hingga Rp 75.000 per 100 gram.

Klasifikasi Kesumba Keling

Bixa orellana L. merupakan tanaman asal Amerika Tropis. Di Indonesia tanaman ini terdapat di pulau Jawa, Madura, Sulawesi Selatan, dan Ambon. Kesumba keling disebut Bixa orellana L. atau Pigmentaria Rumph. termasuk ke dalam famili tumbuhan Bixaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah buah prada bagi orang Bugis, orang Melayu menanakan kunyit jawa, sementara orang Jawa sendiri menyebutnya sebagai sumba eling. Orang Sunda memberi nama galinggem, dan orang Minangkabau memberi nama kesumba, dan taluka bagi orang Ambon.  Sedangkan nama asing rocouyer, orleanbaum atau arnatto tree. Tanaman ini memiliki nama sebutan lain seperti annatto, achiote, chitoe, onoto, bija, colorau, urucum, dan aysuete. Nama achiote berasal dari dialek suku Aztec, Nahuatl.

gambar pohon kesumba keling
Foto: Sumber ciriciripohon.com

Helaian daun kesumba keling berbentuk bulat telur, ujungnya runcing, dengan pangkal yang rata juga terkadang memiliki bentuk jantung. Tepi daunnya merata, dengan pertulangan daun yang menyirip, berwarna hijau berbintik dengan panjang 8-20 centimeter  dengan lebar 5-12 centimeter.[1] Buahnya seperti buah rambutan dengan rambut seperti sikat berwarna hijau saat masih muda dan mejadi merah dan merah tua saat masak.

Sifat Kimiawi Kesumba Keling

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui. Batang dan daun kesumba keling mengandung tanin, calcium oxalate, saponin, lemak. Pada daun, akar, dan biji kesumba keling memiliki zat warna, bixine, orelline, glucoside, zat samak, damar.[2]

Efek Farmakologis Kesumba Keling

Peluruh kencing (diuretik), membersihkan panas dan menetralkan racun. Seluruh bagian tanaman dapat berguna untuk menyembuhkan penyakit.

Penyakit yang dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Kesumba Keling: Obat Herbal Masuk angin

Amil daun kesumba keling sebanyak ¼ genggam, daun poko ¼ genggam, cabe jawa 3 buah, gula enau 3 jari dicuci lalu masak dengan 3 gelas minum air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Saringlah setelah dingin disaring dan bagi untuk 2 – 3 kali minum dalam sehari selama masa penyembuhan.

2. Kesumba Keling: Obat Herbal Demam

Ambil daun kesumba keling sebanyak 1/3 genggam, lalu cuci bersih. Masaklah dengan 3 gelas minum sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin lalu saring, tambahkan air gula seperlunya. Bagilah menjadi dua kali minum. Anda juga dapat menggunakan daun luar. Caranya remas-remas daun segar dengan air dan air remasan itu untuk mengusap kepala.

3. Kesumba Keling: Obat Herbal Kurang nafsu makan

Ambil daun kesumba keling sebanyak 3/5 genggam atau 10 gram, lalu cuci bersih dengan air sebanyak 3 gelas air atau 400 ml air sampai tersisa 2 ¼ gelas atau 250 ml. Saring setelah dingin lalu bagi menjadi 3 kali minum. Tambahkan madu agar terasa semakin nikmat.

4. Kesumba Keling: Obat Herbal Diare

Ambil daun kesumba keling sebanyak 1/3 genggam atau 3 – 10 gram, lalu cuci bersih. Setelah itu masak dengan 2 gelas air bersih atau 400 ml air sampai tersisa 1 ½ gelas atau 250 ml air. Saringlah setelah dingin dan tambahkan madu seperlunya. Jadikan dua kali minum sehari dan lakukan setiap hari selama masa penyembuhan.

5. Kesumba Keling: Obat Herbal Pendarahan

Untuk 5 s/d 8, rebus 3 – 10 gram daun, rebus dengan 3 gelas air sampai tinggal 2 gelas, saring dan bagi untuk 2 – 3 kali minum.

6. Kesumba Keling: Mengobati Penyakit Menular Seksual

Hal yang paling mengejutkan dari manfaat kesumba keling adalah mengobat penyakit menular seksual (PMS). Hal itu terungkap setelah terbitnya junal Internasional pada 2014 International Journal of Pharmacy and Biomedical Research yang menyebutkan kesumba keling dapat mengurangi gejala gonore. Ternyata kadungan penghambatan enzim aldose reduktase yang terdapat pada tanaman kesuma keling.

7. Kesumba Keling: Obat Herbal Oedem (beri-beri)

Cuci bersih 3—10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air hasil rebusan, lalu minum 2—3 kali sehari.

8. Kesumba Keling: Obat Herbal Perut kembung

Ambil daun kesumba keling sebanyak 3—10 g daun dan cuci bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air basil rebusan lalu minum 2—3 kali sehari.


Referensi

[1]              Dalimartha, Setiawan (2009). Atlas Tumbuhan Obat Indonesia6. hal. 57-59. Jakarta:Puspa Swara. ISBN 978-979-1480-19-2.

[2]              Hariana, H. A. (2008). Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta: Penebar Swadaya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img