Selasa, September 28, 2021

13 Manfaat Lengkuas Merah dalam Kesehatan

Must Read

13 manfaat lengkuas merah dalam kesehatan karena kandungan senyawa alamiah yang terdapat pada rimpang. Ada empat senyawa aktif lengkuas merah yaitu basonin, eugenol, galangan, dan galangol.

Aksiografi.com – Lengkuas merah disebut Alpinia purpurata K.Schum. termasuk ke dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah lengkuas merah. Lengkuas merah merupakan salah satu tanaman obat atau obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan.

Sifat Kimiawi Lengkuas Merah

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain pada rimpang yang mengandung saponin, tanin, flavonoida, minyak atsiri. Sedangkan pada batang lengkuas merah mengandung senyawa saponin, tanin dan flavonoida.

gambar lengkuas merah
Gambar oleh Suanpa dari Pixabay

Efek Farmakologis Lengkuas Merah

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat anti jamur, anti kembung. Bagian tanaman yang paling memiliki efek farmakologis adalah rimpang lengkuas merah. Senyawa aktif alamiah lengkuas merah yaitu basonin (pada rimpang) yang dapat merangsang semangat, eugenol (pada rimpang) dapat mencegah ejakulasi prematur, mematikan jamur Candida albicans, anti kejang, analgetik, anestetik, penekan pengendali gerak, senyaw galangan (pada rimpang) dapat meredakan rasa lelah, antimutagenik, penghambat enzim siklo-oksigenase dan lipoksigenase, serta senyawa galangol (pada rimpang) merangsang semangat, menghangatkan tubuh.

Baca Juga:   Gendola atau Basella rubra Linn.

Penyakit yang Terobati

lengkuas merah bubuk

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit. Berikut 13 manfaat lengkuas merah:

Baca Juga:   Cara Mengatasi Alergi Dingin

1. Gangguan perut; kembung, sebah

Lengkuas merah 1 jari diiris-iris tipis, rebus dengan tiga gelas air jadi 2 gelas. Minum pagi dan sore sebelum makan masing-masing 1 gelas.

2. Paru

Rimpang segar 1 jari dipotong miring, ujungnya dipukul-pukul sampai seperti kuas, digosokkan pada panu.

3. Kurap

Rimpang lengkuas 4 jari, bawang putih 1 buah, giling halus tambahkan 1 sendok cuka, panaskan. Oleskan pada bagian tubuh yang kurap.

4. Eksema

Satu jari rimpang, cuci, parut, tambahkan air kapur sirih secukupnya, aduk jadi adonan seperti bubur. Pakai untuk menurap kulit yang terkena eksema, lalu dibalut. Ganti dua kali sehari.

5. Bercak-bercak kulit dan tahi lalat (sproeten)

Dua jari rimpang digiling halus, tambahkan cuka secukupnya menjadi seperti bubur. Oleskan di bagian tubuh yang terdapat kelainan kulit.

6. Demam Disertai Pembesaran Limpa

Rimpang, cuci, parut, peras. Ambil air 1 sendok teh, tambahkan sedikit garam dapur. Minum pada pagi hari.

7. Pembersihan Sehabis Bersalin (nifas)

Rimpang lengkuas yang masih muda sebesar 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong. Rebus dengan air secukupnya, minum.

Baca Juga:   Jamu adalah Warisan Leluhur Indonesia

8. Radang Telinga

Satu jari rimpang lengkuas dicuci bersih lalu diparut, tambahkan 2 sendok makan air masak, diperas lalu disaring. Airnya dipakai untuk menetes telinga yang sakit. Sehari 4 kali 2-3 tetes.

9. Bronkhitis

Rimpang lengkuas 1 jari cuci bersih, parut. Tambahkan 1/2 cangkir air masak dan 2 sendok makan madu lalu diramas sampai merata. Peras dan saring, bagi 3 kali minum. Setiap hari.

10. Masuk Angin

2 jari rimpang, parut, remas dengan 3 sendok makan madu dan 1 sendok arak. Peras, saring, minum, sehari 2 sendok makan.

11. Diare

3/4 jari rimpang, parut, + 1/2 cangkir air + 1 sedok madu. Peras, saring, minum. 2 kali sehari.

12. Sakit Gigi Terpapar Angin Dingin

Buah ditumbuk halus jadi bubuk. Masukkan sedikit kedalam hidung, oleskan pada gigi yang sakit.

Baca Juga:   Andong (Coryline fruticosa Linn)

13. Obat Kuat (aphrodisiak)

Rimpang secukupnya direbus, airnya diminum. Sebaiknya dicampur tanaman obat lain.

Cara Membudidayakan Lengkuas Merah

Perbanyakan tanaman menggunakan anakan atau rimpang. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img