Senin, Desember 6, 2021

11 Manfaat Bengle dalam Pengobatan

Must Read

11 manfaat Bengle dalam pengobatan berdasarkan farmakologi Cina, pengobatan tradisional, dan hasil penelitian. Rimpangnya bermanfaat sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan.

aksiografi.com – Bengle atau purple ginger dalam bahasa Inggris adalah salah satu tanaman rempah-rempah anggota famili temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpangnya bermanfaat sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tanaman berumpun ini masuk dalam kategori tanaman obat.

Klasifikasi

Dalam bahasa Latin Zingiber purpureum Roxb atau Zingiber cassumunar Roxb. termasuk dalam famili tumbuhan Zingiberaceae. Di beberapa daerah tanaman ini dikenal dengan nama daerah setempat seperti orang Aceh menyebutnya mugle, orang Tapanulis menamakan bungle, orang Minang memberi nama kunyit bolai, dan orang Sunda menyebut panglai, orang Makassar memberi nama bale, orang Bugis menamakan panini, dan unin makei bagi orang Ambon.

Morfologi

Tanaman herba semusim ini tumbuh tegak dengan tinggi 1 hingga 1,5 meter. Ia tumbuh berumpun agak padat, berbatang semu yang terdiri dari pelapah daun dengan pinggir ujungnya berambut sikat.

11 Manfaat Bengle dalam Pengobatan
Sumber gambar: wikipedia

Purple Ginger, sebutan orang luar, memiliki bunga majemuk yang bertandan, keluar di ujung batang. Panjang tandangnya mencapai 20 sentimeter. Daun kelopak berwarna merah menyala tersusun seperti sisik tebal dengan kelopak berbentuk tabung, ujungnya bergerigi tiga.

Mugle, sebutan bagi orang Aceh ini, memiliki rimpang berdaging yang menjalar. Bentuk rimpangnya bundar sampai jorong yang tidak beraturan dengan ketebalan 2 hingga 5 mm. Permukaan tidak rata, berkerut, berwarna cokelat muda kekuningan.

Baca Juga:   Kurma Mengandung Selenium untuk Kesehatan

Sifat Kimiawi

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain: rimpang mengandung minyak atsiri (sineol, pinen), damar, pati, tanin.

Efek Farmakologis

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat bau khas aromatik, rasa agak pahit, dan agak pedas. Ekstrak rimpang bangle dilaporkan dalam beberapa jurnal memiliki aktivitas farmakologi sebagai antibakteri, laksatif, dan inhibitor lipase pankreas.

11 Manfaat Bengle dalam Pengobatan

Selain itu tanaman ini juga dapat menurunkan panas (anti piretik), peluruh kentut (karminatif), peluruh dahak (expectorant), pembersih darah, pencahar (laksan), obat cacing (vermifuge), anti-icteric (bagi penderita hepatitis).

Penyakit yang Diobati dan Cara Mengobati

Demam, masuk angin

Rimpang segar 15 g dicuci lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan 2 sendok makan madu. Aduk merata lalu diperas dan disaring, minum. Lakukan 2 kali sehari.

Perut mulas

Rimpang bengle, rimpang jahe, kencur dan lempuyang wangi, masing-masing 1/2 jari tangan dicuci dan diiris tipistipis. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin disaring lalu minum.

Sakit kepala karena demam

Rimpang segar secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai sebagai pilis pada dahi.

Baca Juga:   Ilalang Memiliki Efek Penyembuhan

Sakit kuning

Rimpang bengle 1/2 jari dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing 1 sendok makan. Peras dan saring, minum. Lakukan 2 kali sehari.

Nyeri Sendi (rheumatism)

Rimpang segar secukupnya dicuci lalu diparut, tambahkan arak sampai menjadi adonan seperti bubur encer. Borehkan ke bagian sendi yang sakit

Mengecilkan Perut setelah Melahirkan

Rimpang secukupnya, cuci, parut, borehkan pada perut.

Cacingan

Rimpang bengle 3 jari, temu hitam 2 jari, 5 biji ketumbar dan 5 lembar tangkai daun sirih dicuci lalu diiris tipis-tipis, kemudian ditumbuk halus. Tambahkan 1/2 cangkir air masak, diaduk merata lalu diperas, saring, minum.

Radang Selaput Lendir Mata

Rimpang bengle dan kunyit sebesar 1 buku jari tangan dan 13 butir jinten hitam dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, minum.

Mengurangi Lemak Tubuh

Sepotong rimpang bengle dan 7lembar daun jati belanda dicuci lalu direbus dengan 1,5 gelas air bersih sampai tersisa 1gelas. Setelah dingin disaring, dibagi menjadi 2 kali minum. Pagi dan sore hari.

Lemah Jantung

Rimpang diparut, tambahkan air masak, saring, minum, teratur setiap sore.

Gangguan Syaraf

Rimpang dua ibu jari, parut, tambahkan 1 gelas air masak, saring dan minum. Lakukan sehari dua kali pagi dan sore.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

7 Tahapan Teknik Budidaya Kacang Panjang agar Hasil Melimpah

7 tahapan teknik budidaya kacang panjang agar menghasilkan buah yang melimpah. Caranya mulai dengan memperhatikan persyaratan tumbuh hingga pengelolaan pasca panen.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img