10 Manfaat Kemuning Mengobati Penyakit

Must Read

10 Manfaat Kemuning Mengobati Penyakit seperti bisul, rematik, sakit gigi, menguruskan badan, infeksi saluran kencing, mengatasi haid yang tidak teratur, dan memar terpukul.

aksiografi.com – Tanaman kemuning mungkin masih asing di telinga Anda. Tanaman ini tumbuh liar di tepi hutan dan terkadang juga dijadikan tanaman hias dan tanaman pagar.[1] Tapi tahukah Anda bahwa kemuning memiliki aroma harum yang menyegarkan sehingga nenek moyang kita sering menggunakannya sebagai bahan aroma kolam mandi. Bukan hanya itu, Murayya paniculata, nama latin tanaman ini, juga mengandung manfaat untuk mengobati beberapa penyakit.

Tanama perdu ini adalah tanaman yang berasap dari India dan tersebar ke beberapa negara asia tenggara seperti Indonesia dan Filipina. Masyarakat Indonesia dan Filipina, secara pengobatan tradisional, menggunakan daun kemuning untuk mengobati diare dan disentri.[2]

Di Indonesia tanaman kemuning sangat terkenal. Di Riau tanaman ini menjadi inspirasi cerita rakyat. Di beberapa daerah, petani madu sengat menaman kemuning di sekitar kandang lebah agar madu dapat mengisap bunga kemuning sehingga madu yang dihasilkan memiliki aromaterapi kemuning.

Selain berguna untuk pengobatan penyakit, tangkai tanaman ini juga berfungsi untuk tangkai pisau atau golok. Orang Minangkabau sering menggunakan tangkai kemuning untuk membuat tangkai pisau atau golok. Urat kemuning memiliki warna yang bagus dan jenis kayunya liat sehingga tidak mudah pecah atau retak. Selain itu, kayu kemuning sangat bagus untuk sempoa, tangkai kuas dan tongkat. Tanaman kemuning juga sangat baik dijadikan bonsai karena memiliki tangkai yang banyak dan kuat. Harga tanaman bonsai kemuning berkisar Rp 25.000 hingga Rp 150.000.

gambar bunga bonsai kemuning

Tanaman kemuning sebagai tanaman hias pekarangan juga banyak dijual secara online. Harganya beragam antara kisaran Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Selain itu, daun kering kemuning sebagai ramuan herbal juga ada yang menjual di toko online seperti tokopedia, bukalapak, dan lainnya.

Morfologi Kemuning

Klasifikasi kemuning atau Murraya paniculata (L.) Jack termasuk ke dalam famili tumbuhan Rutaceae. Tanaman ini juga berkembang biak di Indonesia. Di beberapa daerah, kemuning memiliki nama khas sendiri berdasarkan dari daeranya, seperti kajeni, kamuning, kemoning, kamuni, sukik, palopo, eseki, tanasa, kamone, dan kamong, jenar, kamoneng, tajuman, kalajeni, kahabar, karizi, haumi, kayu gading, dan palopo.

tabel klasifikasi kemuning

Tanaman ini dapat tumbuh hingga dua sampai tiga meter berbentuk semak atau pohon kecil, bercabang banyak, batangnya kerar san beralur. Murayya paniclata berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 400 meter dari permukaan laut.

Perbungaan kemuning majemuk dan terminal. Bentuk kelima kelopaknya bulat telur sampai lanset dengan panjang 2 milimeter. Kemuning memiliki buah berdaging, bentuknya bulat telur berwarna merah hingga oranye.[3]

gambar bunga kemuning

Sifat Kimiawi Kemuning

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia alami yang terdapat pada daun, buah, dan bunga kemuning. Pada daun kemuning mengandung cadinene, methyl anthranilate, bisabolene, betha-caryophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl salicilate, s-quaiazulene, osthole peniculatin, coumurrayin. Kulit kemuning mengandung mexotionin, 5-7-dimethoxy-8-(2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Bunga kemuning mengandung scopoletin. Dan Buah kemuning mengandung semi-alfa-carotenone.

gambar daun kering kemuning

Efek Farmakologis Kemuning

Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa pedas, pahit, dan hangat. Tanaman ini memiliki khasiat menyembuhkan seperti dilansir Health Benefit. Penyakit yang dapat disembuhkanseperti meridian jantung, lever dan paru-paru. Pemati rasa, penenang, antiradang, menghilangkan bengkak, anti rematik, melancarkan peredaran darah, anti-tiroida, dan keputihan.

Penyakit yang Dapat Terobati

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

1. Kemuning Mengobati Bisul

Ambil akar kering kemuning sebanyak 30 gram lalu cuci bersih. Setelah itu masak dengan menggunakan 3 gelas air bersih sampai menjadi 1 gelas. Setleh itu dininginka lalu minum selama masa penyembuhan.

2. Kemuning Mengatasi Rematik

Ambil akar kering  kemuning sebanyak 15 – 30 gram dicuci bersih. Masak dengan menggunakan arak manis dan air, setelah itu dinginkan lalu minum selama masa penyembuhan.

3. Kemuning Mengatasi Sakit Gigi

Ambil minyak dari kulit batang kemuning dengan cara membakarnya, lalu oleskan pada gigi yang berlubang. Setelah itu segera hubungi dokter gigi untuk ditambal jika membutuhkan penambalan gigi.

4. Kemuning Menguruskan Badan

Ambil segenggam penuh daun kemuning lalu tambahkan segenggam penuh daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan 1/2 jari kelingking temu giring. Tumbuk halus ketiga campuran ini, lalu tambahkan 1 cangkir air, kemudian peras dengan menggunakan sepotong kain. Minum pagi-pagi sebelum makan. Lakukanlah selama masa pengurusan badan.

5. Kemuning Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ambil daun kemuning atau akar kering kemuning sebanyak 9 – 15 gram (30 – 60 gram daun segar) lalu rebus. Dinginkan dan minum secara rutin selama masa penyembuhan.

6. Kemuning Memperlancar Haid

Ambil daun kemuning atau akar kering kering kemuning sebanyak 9 – 15 gram (30 – 60 gram daun segar) direbus, minum.

7. Kemuning Mengatasi Memar Terpukul

Ambil akar kering  kemuning sebanyak 15 – 30 gram dicuci bersih. Masak dengan menggunakan arak manis dan air, setelah itu dinginkan lalu minum selama masa penyembuhan.

8. Kemuning Mengatasi Batu Ginjal

Ambil daun segar atau kering kemuning, rebus lalu minum secara rutin selama masa penyembuhan.

9. Kemuning Membersihkan dan Mencerahkan Kulit

Ambil daun segar kemuning lalu cuci hingga bersih. Tumbuk dan jadikan lulur mandi.

10. Kemuning Mencegah Penuaan Dini

Ambil daun segar kemuning rebus dan jadikan seperti minuman teh harian. Lakukan sebelum tidur.  

Anda dapat mencari obat herbal kemasan di toko online dari beragam harga dan beragam kemasan.


Referensi

[1]              “Kemuning, (Murraya paniculata [L.] Jack.)”www.pdpersi.co.id. 15/05/2012. Diakses tanggal 2020-05-01.

[2]               Saied S. Studies in chemical constituens of Murraya paniculata and Ipomea hederacea [PhD thesis]. Karachi-Pakistan: University of Karachi ; 2005. diunduh dari http://prr.hec.gov.pk/Thesis/1756.pdf tanggal 30 Mei 2011

[3]              “Murraya paniculata: info from PIER (PIER Species Info)”www.hear.org. Diakses tanggal 2020-05-01.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img