10 Manfaat Bidara Upas dalam Penyembuhan Penyakit

Must Read

10 Manfaat Bidara Upas dalam penyembuhan penyakit baik berdasarkan farmakologi Cina, Kearifan Nusantara, dan hasil riset pengujian di laboratorium.

aksiografi.com – Bidara upas adalah tumbuhan umbi-umbian yang tumbuh liar di hutan. Tanaman ini memiliki umbi yang dapat dimakan. Tidak heran, di beberapa daerah tanaman ini ditanam di pinggir pagar atau biasa juga dekat sumur. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dari dataran rendah hingga ketinggian 250 meter dari permukaan laut. Kandungan kimiawi dan efek farmakologi yang dimilikinya sehingga tumbuhan ini masuk dalam daftar tanaman obat.

Klasifikasi Bidara Upas

Bidara upas disebut Merremia mammosa (Lour..) Hall.f., atau Batatta mammosa Rumph. termasuk ke dalam family tumbuhan Convolvulaceae. Nama daerahnya berbeda-beda. Orang Jawa menamakan blamar atau widara upas, orang Ambon menyebutnya hailale.

Morfologi Bidara Upas

Widara upas, orang Jawa menyebutnya, tumbuh merayap atau membelit dengan panjang tingginya mencapai 3 hingga 6 meter. Batang tumbuhan ini kecil dan licin berwarna gelap.

Ia memiliki daun tunggal berwarna hijau dengan bentuk bulat melebar bertangkai panjang dengan ujung yang meruncing. Panjang daunya mencapai 5 hingga 12 sentimeter dengan lebar 4 sampai 14 sentimeter.  

10 Manfaat Bidara Upas

Umbi bidara upas berada dalam tanah dan berkumpul sebanyak 6 -7 buah. Tanah yang baik bagi pertumbuhan umbi bidara upas adalah kering, gembur, dan tidak tergenang air. Jika kondisi tanah seperti itu maka berat umbi dapat mencapai 5 – 6 kilogram. Kulit umbinya tebal berwarna kuning kecoklatan dengan getah berwarnah putih.

Sifat Kimiawi Bidara Upas

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain: Damar, resin, pati, zat pahit. Getah segar mengandung zat oxydase.

Efek Farmakologis Bidara Upas

Tumbuhan ini memiliki sifat farmakologi yaitu anti radang, menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan bengkak, pencahar, menetralkan racun, penyejuk. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah umbi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan bidara upas memiliki anti bakteri dan anti inflamasi.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan

Beberapa hasil penelitian yang telah menguji efek penyembuhan kandungan umbi ini menyebutkan dapat mencegaan penggandaan virus HIV meski tidak dapat menghilangkan virusnya. Hasil riset juga menyebutkan ekstrak umbi dara upas dapat menyembuhkan penyakit gula.

Dibeberapa daerah, secara turun temurun umbi bidara upas dijadikan obat. Di Madura misalnya, rebusan umbi ini digunakan untuk mengobati penyakit tuberkolosis.

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

Radang Usus Buntu

Umbi 1/4 jari dicuci bersih lalu diparut dan diremas dengan 1 sendok makan air gula, kemudian diperas dan disaring lalu diminum. sehari 2 kali. Jika usus buntu akut bidara upas dicampur dengan rumput mutiara dan sambiloto. (Saran 3×1 kapsul per hari, minum banyak air.)

Muntah Darah, Tthypus

Umbi segar, bersih, diparut, peras sampai 1 gelas kecil, minum. (Saran 3×1 kapsul per hari, minum banyak air.)

Difteri

Umbi segar, cuci, parut, peras, sampai 1 gelas kecil. Pakai kumur-kumur 2-3 menit, telan.

Kencing Manis

Umbi segar 100 gram, cuci bersih, parut, peras. Minum setiap pagi. (Saran kapsul 3×3 kapsul per hari, minum banyak air.)

Kanker dan Kusta

Umbi segar 3/4 jari, cuci, parut, tambah 4 sendok makan air matang, peras, airnya tambahkan 2 sendok makan madu (untuk pembangkit selera). Airnya bagi 3 kali minum per hari, ampasnya tempelkan ke bagian yang sakit. (Saran 3×1 kapsul per hari, minum banyak air.)

Batuk Rejan

Umbi segar 1/2 jari, parut, ramas dgn 2 sendok makan air dan 1 sendok makan madu, peras, saring, minum, lakukan 2 kali sehari. (Saran 3×1 kapsul per hari )

Batu Kandung Kencing / Kencing Batu

Umbi bidara upas 10 g, daun kumis kucing 10 g, daun kejibeling 15 g, dicuci lalu umbi dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 1 liter air sampai tersisa 150 cc. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x 50 cc.

Syphilis

Umbi segar 1 jari diparut, tambah 2 sendok makan air dan 1sendok makan madu, peras, saring, minum. Lakukan 3 x sehari. ( Saran 3×1 kapsul per hari)

Luka-luka di Kulit

Umbi segar dicuci lalu diiris tipis-tipis, letakkan diatas luka.

Buang Air Besar Darah dan Lendir

Umbi 50 g, tambahkan gula jawa, godok 2 gelas sampai 1 gelas. Saring, minum sedikit-sedikit. (Saran 3×2 kapsul per hari.)

Ditulis oleh: Suharni Yusuf

Disunting oleh: Sri Hikmawaty

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Pohon Tin adalah Pohon Tertua dalam Sejarah Kemanusiaan

Pohon tin adalah pohon tertua dalam sejarah kemanusiaan. Buah ini juga menjadi salah satu nama surah dalam Al-Quran dan dijadikan sumpah Allah
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img