Televisi dalam Sorotan: Sejarah, Kontroversi, dan Hari Televisi Sedunia

Date:

Televisi dalam Sorotan baik sejarah, kontroversi dan peringatan hari televisi sedunia. Pelajari perbedaan esensial dengan media lain, dan ikuti jejak Hari Televisi Sedunia yang diakui oleh PBB. Temukan perspektif kontroversial serta rekomendasi merayakan televisi dalam era modern.

aksiografi.com – Dampak televisi yang semakin nyata dalam pengambilan keputusan global, sekaligus meresapi sejarah terbentuknya Hari Televisi Sedunia pada tanggal 21 November. Sedangkan di Indonesia, peringatan Hari Televisi Nasional digelar pada 24 Agustus setiap tahunnya.

Namun, seperti setiap inovasi yang besar, tidak luput dari pandangan kontroversial. Oposisi terhadap pengakuan ini membawa kita ke pertanyaan kritis tentang relevansi dan aksesibilitas televisi di tengah kompleksitas media masa kini.

Definisi dan Perbedaan Televisi dengan Media Lainnya

Televisi, atau TV, bukan semata sistem penyiaran gambar dan suara. Ini adalah sistem telekomunikasi canggih yang mentransformasikan gambar dan suara menjadi gelombang listrik, lalu mengubahnya kembali menjadi berkas gambar dan suara yang dapat dinikmati. Revolusi televisi memberikan dampak nyata kehidupan. Bedanya dengan media lain terletak pada kemampuannya untuk menyajikan informasi secara audiovisual, menjadikannya alat yang tak terbantahkan dalam mempengaruhi opini publik.

Alas Pikir: Hari Televisi Sedunia dan Dampaknya

21 November diakui sebagai Hari Televisi Sedunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebuah pengakuan atas dampak televisi dalam pengambilan keputusan global. Keputusan ini didasarkan pada peran televisi dalam menyoroti konflik, ancaman terhadap perdamaian, dan perannya dalam membentuk pandangan terhadap isu-isu ekonomi dan sosial. Televisi dianggap sebagai simbol komunikasi dan globalisasi di era kontemporer.

Pada 21-22 November 1996, Perserikatan Bangsa-Bangsa menggelar Forum Televisi Dunia pertama, di mana tokoh media terkemuka berkumpul untuk membahas peran dan kerja sama televisi di dunia yang terus berubah. Hasilnya, Majelis Umum PBB menetapkan 21 November sebagai Hari Televisi Sedunia melalui Resolusi 51/205 tertanggal 17 Desember 1996, sebuah pengakuan terhadap peran pentingnya dalam proses pengambilan keputusan dan dampaknya terhadap politik dunia.

Oposisi dan Pemikiran Kontroversial

Meski diakui secara resmi, Hari Televisi Sedunia juga mendapat oposisi. Delegasi Jerman menyuarakan keberatannya dengan menyebut bahwa sudah ada tiga hari PBB yang mencakup topik serupa. Mereka berpendapat bahwa televisi hanya dapat diakses oleh sebagian kecil populasi dunia, membuat Hari Televisi Sedunia tampak sebagai perayaan bagi orang kaya. Argumen ini menyoroti pentingnya media alternatif seperti radio dan mempertanyakan relevansi penambahan hari peringatan.

Cara Memperingati Hari Televisi Sedunia

Bagaimana seharusnya kita merayakan Hari Televisi Sedunia setiap 21 November? Ada beberapa cara yang dapat diambil:

  1. Membagikan Informasi: Sosialisasikan Hari Televisi Sedunia dan pentingnya televisi dalam komunikasi global.
  2. Berbagi Momen: Bagikan momen televisi favorit Anda sebagai bentuk apresiasi.
  3. Meriahkan Media Sosial: Isi media sosial dengan informasi dan pemikiran terkait Hari Televisi Sedunia.
  4. Twibbon dan Edukasi: Pasang twibbon Hari Televisi Sedunia dan edukasikan diri serta orang lain tentang peran televisi di dunia.

Semua ini adalah cara untuk memahami dan merayakan dampak televisi, membuka ruang diskusi tentang kontroversi, dan menyoroti peran uniknya dalam masyarakat global.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...

Hari Kelautan Nasional 2024: Menelusuri Keajaiban dan Tantangan Laut Indonesia

Merayakan Hari Kelautan Nasional 2024, kita menelusuri keajaiban dan...