Hari Koperasi Indonesia 2023: Memperingati 76 Tahun Kemandirian Ekonomi Melalui Kearifan Lokal dan Kolaborasi Antar Generasi

Date:

Hari Koperasi Indonesia 2023 yang diselenggarakan pada 12 Juli mengusung tema “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital”.

aksiografi.com – Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), yang kini dikenal sebagai Hari Koperasi Indonesia (HKI), jatuh pada hari ini, tanggal 12 Juli. Perayaan tahun ini akan mengusung tema dan logo yang menarik untuk memperingati momen penting ini.

Dalam perayaan yang memperingati usianya yang ke-76, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) telah merilis tema dan logo yang akan menghiasi perayaan Hari Koperasi Indonesia.

Logo Hari Koperasi Indonesia 2023 menampilkan elemen khas Jakarta dan Papua. Logo ini menggambarkan Monas dan replika burung Cendrawasih, yang dipilih sebagai simbolisasi perayaan HKI 2023 yang akan diadakan di kedua kota tersebut.

Sementara itu, tema Hari Koperasi Indonesia ke-76 tahun 2023 adalah “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital.” Dari tema ini, beberapa sub tema menarik juga diangkat, di antaranya:

  1. Koperasi Sebagai Pilar Kekuatan Ekonomi di Era Ekonomi Digital.
  2. Peran Generasi Muda Koperasi Menghadapi Fenomena Ekonomi Milenial.
  3. Revitalisasi Koperasi Sebagai Solusi Mengatasi Pengangguran dan Kemiskinan.

Puncak peringatan Hari Koperasi Indonesia 2023 pada tanggal 12 Juli, hari ini. Namun, Dekopin telah merencanakan serangkaian acara yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Jayapura.

Rangkaian acara di Jayapura akan dimulai dengan pagelaran Budaya Nusantara pada 25-30 Juli 2023. Pagelaran ini bertujuan sebagai simbol persatuan Republik Indonesia. Selain itu, perayaan ini juga berfungsi sebagai ajang untuk memperkenalkan koperasi kepada masyarakat di Timur Indonesia.

Sekretaris Jenderal Dekopin, Sarjono Amsan, sebagaimana dilansir detik.com, mengungkapkan bahwa melalui peringatan HKI yang digelar secara nasional ini, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan pengembangan koperasi yang lebih merata di Indonesia Timur. Selain pagelaran budaya dan musik di Jayapura, upaya pendidikan koperasi juga akan dilakukan sebagai bagian dari perayaan HKI ini.

“Kami berharap adanya kegiatan pendidikan koperasi di Papua sebagai rangkaian dari perayaan Hari Koperasi ini,” ujar Kletus Wetipo, Wakil Ketua Hari Koperasi Indonesia, seperti yang dilansir melalui laman resmi Dekopin.

Perayaan Hari Koperasi Indonesia 2023 menjadi momentum penting untuk mengapresiasi peran koperasi dalam membangun kemandirian ekonomi dan gotong royong di Indonesia. Keberadaan koperasi di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial. Melalui tema dan logo yang menarik, perayaan ini tidak hanya merayakan sejarah pergerakan koperasi, tetapi juga menggambarkan komitmen untuk memajukan koperasi melalui pendekatan lokal dan kolaborasi antar generasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...