Sejarah Hari Internasional Pencegahan Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik: Mengungkap Perang Tersembunyi pada Lingkungan Kita

Date:

Kisah Hari Internasional untuk Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata. Inisiatif global untuk melindungi lingkungan dari dampak merusak konflik militer. Temukan peran penting ekosistem sehat dan manajemen sumber daya berkelanjutan dalam mengurangi risiko konflik.

aksiografi.com – Tanggal 5 November 2001, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 6 November sebagai Hari Internasional untuk Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata. Peringatan ini memiliki tujuan yang mendalam—untuk menjaga alam kita dari dampak merusak konflik militer.

Berdasarkan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Environment Programme_UNEP), muncul pengungkapan yang mengganggu. Selama enam dekade terakhir, 40% dari semua konflik internal terkait dengan penjarahan sumber daya alam. Ini adalah harta yang diidamkan. Harta itu adalah hutan yang subur hingga berlian berkilau, emas, minyak, dan esensi kehidupan kita—air dan tanah subur.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa konflik yang muncul dari eksploitasi sumber daya menunjukkan kecenderungan yang mencekam untuk kembali muncul. Sumur menjadi kering, hutan terbakar, dan tanah yang subur menjadi tercemar. Harga dari perselisihan ini melampaui biaya manusia; planet kita membawa luka dari pertempuran ini untuk generasi mendatang.

Panggilan Keras PBB

Pemeliharaan lingkungan harus menjadi bagian integral dari pencegahan konflik, pemeliharaan perdamaian, dan pembangunan negara. Perdamaian tidak akan bertahan saat sumber daya vital planet kita telah hancur.

Pada hari bersejarah tersebut, tanggal 5 November 2001, Majelis Umum PBB menetapkan 6 November sebagai Hari Internasional untuk Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata.

Melangkah ke 27 Mei 2016, ketika Majelis Lingkungan PBB mengadopsi Resolusi UNEP/EA.2/Res.15. Saat penting ini mengakui peran penting dari ekosistem yang sehat dan manajemen sumber daya yang berkelanjutan dalam mengurangi risiko konflik bersenjata. Majelis Lingkungan PBB mengukuhkan kembali komitmennya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) sebagaimana dalam Resolusi GA 70/1 yang berjudul “Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development.”

Efek dari konflik bersenjata meluas jauh di luar medan perang, memengaruhi warga sipil, prajurit, dan lingkungan kita yang berharga. Infrastruktur hancur, sumber daya terkontaminasi, dan kehilangan nyawa manusia menjadi saksi tragis dari dampak dari perang.

Hari Internasional Pencegahan Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata bertujuan tujuan untuk menjaga ketenteraman dan keamanan dalam kehidupan kita.

Tujuannya untuk mendidik masyarakat mengenai dampak lingkungan dari perang dan konflik bersenjata. Hasilnya adalah peningkatan kesadaran akan perlunya melindungi lingkungan dan ekosistem kita dalam segala kondisi. Tujuan utama adalah memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang terjadi pada lingkungan kita selama masa konflik bersenjata. Ketika perang melanda, ekosistem, mulai dari pasokan air hingga kanopi hutan dan keanekaragaman hayati, mengalami kerusakan parah, meninggalkan jejak kehancuran.

Setiap kerusakan lingkungan yang terjadi selama konflik bersenjata meninggalkan luka pada ekosistem dan sumber daya alam untuk bertahun-tahun ke depan. Hari Internasional untuk Mencegah Eksploitasi Lingkungan dalam Perang dan Konflik Bersenjata menjadi pengingat untuk melindungi lingkungan, bahkan di saat-saat gelap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...

Hari Kelautan Nasional 2024: Menelusuri Keajaiban dan Tantangan Laut Indonesia

Merayakan Hari Kelautan Nasional 2024, kita menelusuri keajaiban dan...