Hari Pemuda Internasional: Transformasi Generasi Muda Menuju Dunia yang Berkelanjutan

Date:

Jelajahi perjalanan inspiratif Hari Pemuda Internasional dengan tema ‘Keterampilan Hijau untuk Pemuda: Menuju Dunia yang Berkelanjutan’ tahun 2023. Temukan bagaimana pemuda berperan penting dalam merespons tantangan lingkungan, memajukan praktik berkelanjutan, dan menciptakan masa depan yang hijau.

aksiografi.com – Pada tahun 1999, keputusan bersejarah tercetus dalam resolusi 54/120 Majelis Umum PBB. Keputusan tersebut menandai momen penting dalam pengakuan peran penting pemuda dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik. Keputusan ini lahir dari rekomendasi Konferensi Menteri Dunia yang Bertanggung Jawab untuk Pemuda yang diadakan di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998. Dalam pertemuan tersebut, pemimpin dunia sepakat bahwa 12 Agustus akan diresmikan sebagai Hari Pemuda Internasional.

Majelis Umum merekomendasikan agar kegiatan informasi publik diadakan untuk mendukung perayaan tersebut. Tujuannya adalah untuk mempromosikan kesadaran yang lebih baik tentang Program Aksi Dunia untuk Pemuda, yang diadopsi oleh Majelis Umum pada tahun 1995 melalui resolusi 50/81.

Sejak saat itu, Hari Pemuda Internasional dijadikan momen penting yang diperingati setiap tahun pada tanggal 12 Agustus. Dalam menentukan tema peringatan, Focal Point on Youth, yang bertindak atas masukan dari organisasi pemuda dan anggota Jaringan Antar Badan PBB dalam pengembangan Pemuda, memilih fokus yang menggambarkan semangat zaman. Bahkan dalam situasi global yang menuntut kreativitas dalam menghadapi tantangan, peringatan ini telah menyelenggarakan acara virtual yang menghubungkan pemuda di seluruh dunia.

Keterampilan Hijau untuk Pemuda

Tahun 2023 menandai tahun spesial dengan tema “Keterampilan Hijau untuk Pemuda: Menuju Dunia yang Berkelanjutan (Green Skills for Youth: Towards a Sustainable World)”. Dalam upaya untuk merespons kebutuhan akan kesadaran lingkungan dan keberlanjutan, tema ini mengajak pemuda untuk mengembangkan keterampilan yang mendukung praktik berkelanjutan. Ini adalah panggilan untuk aksi kolektif dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan lebih berkelanjutan.

logo hari pemuda internasional 12 Agustus 2023
Logo Hari Pemuda Internasional 12 Agustus 2023. Sumber Foto: un.org

Sebagai pemuda, ini adalah momen untuk merenung dan bertindak. Banyak jalan yang dapat diambil untuk merayakan Hari Pemuda Internasional. Anda dapat menyebarkan pesan melalui media sosial, mengadakan acara diskusi, menggelar pertemuan publik, atau bahkan berkolaborasi dengan generasi yang lebih tua dalam membangun pemahaman antar generasi. Anda juga dapat menggunakan seni, budaya, atau musik untuk membuka pintu dialog tentang isu-isu penting yang dihadapi oleh generasi muda.

Pada kesempatan ini, mari kita bersama-sama merayakan semangat pemuda dan menyambut tantangan masa depan dengan keterampilan hijau sebagai panduan. Kita mengembangkan tidak hanya keterampilan, tetapi juga kesadaran akan peran kita dalam mewujudkan dunia yang lebih berkelanjutan. Bersama-sama, kita menciptakan perubahan, tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi untuk bumi yang kita cintai dan bagi generasi mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...