Ad
Home Historiografi 24 Mei 1844: Samuel Morse Mencetak Sejarah dengan Uji Coba Sukses Telegraf...

24 Mei 1844: Samuel Morse Mencetak Sejarah dengan Uji Coba Sukses Telegraf Listrik

0
Samuel Morse berhasil menguji coba telegraf listrik pada 24 Mei 1844
Ad
Ad

Pada 24 Mei 1844 Samuel Morse berhasil melakukan uji coba Telegraf Listrik. Meskipun kode Morse telah usang di era digital, artikel ini merenungkan dampak monumental telegraf listrik dalam sejarah teknologi telekomunikasi dan perannya yang membentuk masa depan komunikasi global.

aksiografi.com – Dalam momen bersejarah lanskap komunikasi jarak jauh, Samuel Finley Breese Morse mencapai tonggak sejarah pada 24 Mei 1844. Seniman dan penemu asal Amerika ini berhasil melakukan uji coba telegraf listrik, menggiring dunia ke era baru komunikasi cepat dan efisien di kejauhan.

Telegraf listrik, sebuah perangkat komunikasi revolusioner yang menggunakan sinyal listrik, memiliki potensi untuk mengubah cara kita terhubung di jarak yang berjauhan. Morse, terkenal karena menciptakan kode yang kemudian dikenal dengan Kode Morse, sebuah sistem sinyal pendek dan panjang yang merepresentasikan huruf dan angka. Eksperimen awalnya pada telegraf sejak tahun 1838. Namun, 8 tahun kemudian, baru berhasil menguji dengan sukses secara efektif.

Meskipun saat ini, di era digital, Kode Morse yang digunakan dalam telegraf listrik sudah usang atau kuno, namun secara historis, telegraf listrik memainkan peranan krusial dalam membuka jalan untuk mengembangkan teknologi telekomunikasi. Inovasi Morse menjadi fondasi bagi perkembangan sistem komunikasi lebih lanjut.

Keberhasilan uji coba telegraf Morse menandai titik balik dalam sejarah teknologi komunikasi. Kode Morse, dengan kombinasi sinyal yang cerdik, terbukti menjadi cara yang handal dan praktis untuk menyampaikan pesan dengan cepat dan efisien melintasi lautan dan benua.

Morse mengirimkan pesan dari Gedung Capitol di Washingtong DC menuju stasiun kereta api di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Ia mengirimkan pesan itu kepada temannya bernama Alfred Vail yang sudah ada di Stasiun itu. Pesan pertama yang dikirim Morse menggunakan kode morse …. .- – …. / …. .- – …. / –. — -.. / .– — …. …. – …. / –. — -.. / .– .-. — .– …. – .-! : “What hath God wrought” (Apa yang telah Tuhan lakukan?). Kalimat singkat ini dalam demonstrasi Morse disaksikan oleh anggota Kongres AS. Alfred lalu membalas pesan singkat Morse menuju Gedung Capitol.

Implementasi telegraf listrik ini memberikan dampak besar di berbagai sektor, terutama dalam bidang transportasi, perdagangan, dan pemerintahan. Kemampuan baru untuk berkomunikasi dengan cepat dan efisien memfasilitasi pertukaran informasi yang cepat, mengoptimalkan operasi kereta api, dan meningkatkan koordinasi ekonomi.

Secara esensial, uji coba telegraf listrik oleh Samuel Morse pada 24 Mei 1844 menjadi momen penting dalam sejarah komunikasi jarak jauh. Hal ini menjadi bukti kecerdasan manusia, membawa masuk era baru kemajuan teknologi dan kemajuan masyarakat.

Ad

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version