Uskup Jerman Mengusulkan Pelajaran Islam

Date:

Uskup Jerman mengusulkan pelajaran Islam di Jerman. Usulan itu lahir dengan melihat adanya kesadaran partai Anti-Imigrasi akibat gelombang migran dari Timur Tengah meningkat di Eropa.

aksiografi.com – Partai Anti-Imigran bangkit atas terjadinya gelombang migran dari Timur Tengah akibat konflik yang berkepanjangan terus bertambah ke Eropa. Namun itu memicu kebangkitan partai Anti-imigrasi Alternative for Germany (AFD). Partai ini bersikeras bahwa Islam melanggar konstitusi dan menginginkan larangan terhadap kubah masjid dan cadar.

Selain itu berdasarkan hasil survei bulan ini menunjukkan hampir dua pertiga warga Jerman merasa Islam tidak memiliki tempat di negara mereka. Namun berbeda dengan Uskup Heinrich Bedford-Strohm di Jerman justru menyerukan agar sekolah-sekolah mengajarkan Islam di seluruh negara. Anjuran agar anak-anak muda Muslim belajar pendidikan Islam dengan tujuan mereka dapat tahan “godaan fundamentalis”.

Sebagaimana dilansir surat kabar Heilbronner Stimme, Uskup Heinrich Bedford-Strohm menyampaikan bahwa mengajarkan Islam di sekolah-sekolah secara nasional akan memberikan murid-murid Muslim kesempatan untuk mengambil pendekatan kritis terhadap agamanya.

“Toleransi, kebebasan agama dan kemerdekaan hati nurani harus berlaku pada semua agama,” tandasnya sebagaimana dilansir surat kabar Heilbronner Stimme pada Jumat, 27 Mei 2019.

Pengajaran Islam di Sekolah Dasar Duisburg-Marxloh

Dari 16 negara bagian federal di Jerman, ada tujuh yang menawarkan pelajaran agama Islam di sekolah-sekolah mereka. Hingga tahun ini, Jerman memiliki sekitar empat juta warga Muslim, atau 5 persen dari populasi total.

Di beberapa sekolah dasar pelajaran Islam sudah diajarkan seperti SD Duisburg-Marxloh di kawasan Ruhr. Sekolah itu memiliki 18 murid beragama Islam dari kelas 2 A. Pengajaran Pendidikan Islam telah berlangsung sejak tahun lalu di negara bagian Nordrbein Westfalen. Namun uskup Jerman ini mengusulkan pelajaran Islam di Jerman secara keseluruhan.

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...