Sejarah Listrik Indonesia: Merayakan 77 Tahun Kekuatan Nasional

Date:

Jelajahi Sejarah Listrik Indonesia: Kisah Merayakan 77 Tahun Hari Listrik Nasional dan Perjalanan Menuju Kemandirian Energi. Baca lebih lanjut tentang momen bersejarah ini di artikel kami.

aksiografi.com – Setiap tahun, pada tanggal 27 Oktober, Indonesia memperingati Hari Listrik Nasional. Tahun ini menandai ulang tahun yang ke-77 dari hari penting ini, yang berakar dalam sejarah yang luar biasa tentang nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik dan gas yang awalnya dikuasai asing.

Pada akhir abad ke-19, listrik mulai hadir di Indonesia, ketika perusahaan-perusahaan Belanda mendirikan pembangkit listrik pertama untuk keperluan industri mereka. Namun, konsep pasokan listrik untuk masyarakat umum baru mulai terbentuk ketika sebuah perusahaan swasta Belanda, N V. Nign, memperluas bisnisnya dari gas ke pasokan listrik publik.

Pada tahun 1927, pemerintah Belanda mendirikan perusahaan listrik milik negara yang disebut s’Lands Waterkracht Bedriven (LWB). Perusahaan ini mengelola pembangkit listrik tenaga air di seluruh Jawa dan perusahaan listrik anak di beberapa kota.

Sejarah berubah ketika, setelah Belanda menyerah kepada Jepang selama Perang Dunia II, kendali perusahaan-perusahaan listrik dan gas beralih ke tangan Jepang. Jepang mengambil alih perusahaan-perusahaan tersebut beserta karyawan yang ada.

Meja putar kembali berputar saat Jepang menyerah kepada Sekutu pada bulan Agustus 1945. Momentum penting ini dimanfaatkan oleh para aktivis muda dan pekerja industri listrik yang bersatu untuk merebut kembali kendali perusahaan listrik dan gas yang telah dinasionalisasi dari tangan Jepang.

Setelah berhasil merebut kendali, sebuah delegasi yang terdiri dari perwakilan buruh dan industri ini, didampingi oleh para pemimpin Komite Nasional Indonesia Pusat (KNI), melaporkan pencapaian mereka kepada Presiden Soekarno. Perusahaan-perusahaan tersebut kemudian diserahkan kepada Republik Indonesia yang baru terbentuk.

Presiden Soekarno menerima penyerahan ini, yang kemudian mengarah pada pembentukan Divisi Listrik dan Gas di bawah Departemen Pekerjaan Umum dan Energi, seperti yang terdokumentasikan dalam Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 1945, tanggal 27 Oktober 1945. Peristiwa bersejarah ini menjadi dasar penetapan 27 Oktober sebagai Hari Listrik Nasional.

Dari tahun 1945 hingga saat ini, Divisi Listrik dan Gas, kemudian diorganisir ulang menjadi BPU-PLN (Pemimpin Umum Perusahaan Listrik Negara), telah mengelola listrik negara. Divisi ini mengalami beberapa perubahan, dengan yang paling signifikan terjadi pada tanggal 1 Januari 1965, ketika dibubarkan dan digantikan oleh dua perusahaan milik negara: Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk listrik dan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk gas.

Pada tahun 1972, Peraturan Pemerintah No. 18 menetapkan status PLN sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara, memberinya peran dalam menyediakan tenaga listrik untuk kepentingan umum. Selama bertahun-tahun, pemerintah memperkenalkan kebijakan untuk membuka bisnis penyediaan listrik kepada sektor swasta, sehingga mengubah PLN dari Badan Usaha Milik Negara menjadi Persero pada tahun 1994.

Hari ini, kisah industri listrik Indonesia merupakan bukti perjalanan bangsa ini menuju kemandirian energi, dari masa awal di bawah kendali asing hingga menjadi kekuatan mandiri dalam sektor energi. Hari Listrik Nasional tidak hanya mencerminkan pencapaian sejarah, tetapi juga melambangkan komitmen berkelanjutan untuk menerangi masa depan bangsa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...

Hari Kelautan Nasional 2024: Menelusuri Keajaiban dan Tantangan Laut Indonesia

Merayakan Hari Kelautan Nasional 2024, kita menelusuri keajaiban dan...