Hamas Menyatakan Penangkapan Warga Israel dalam Serangan Besar

Date:

Serangan Hamas terbesar dalam beberapa tahun terakhir: Hamas melaporkan penangkapan warga Israel dan klaim tank Israel hancur. Respons Israel termasuk pemanggilan pasukan cadangan. Gaza juga menjadi pusat perhatian dengan suara roket dan baku tembak. Konflik ini berkembang setelah peringatan perang tahun 1973 Israel.

aksiografi.com – Hamas, kelompok militan Palestina, melaporkan bahwa mereka telah menangkap beberapa warga Israel dalam serangan terbesar yang dilakukan oleh mereka. Media Hamas baru-baru ini merilis video yang menunjukkan apa yang mereka klaim sebagai mayat tentara Israel yang dibawa ke Gaza. Video tersebut juga memperlihatkan militan Palestina bersenjata berada di dalam rumah-rumah di Israel serta berpatroli menggunakan jip-jip yang mereka katakan telah masuk ke Israel oleh para penyerang.

Serangan Hamas terhadap Israel, yang dianggap sebagai salah satu yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir, masih dalam proses verifikasi. Media Palestina melaporkan peristiwa ini pada Sabtu (7/10/2023) dan juga menyebutkan bahwa beberapa warga Israel telah ditawan oleh pejuang Hamas. Selain itu, media Hamas juga mengedarkan rekaman video yang menunjukkan tank Israel yang hancur.

Seorang sumber keamanan Israel mengonfirmasi adanya laporan mengenai tawanan, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Saat konferensi pers, juru bicara militer Israel menolak memberikan komentar lebih lanjut.

Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel, mengumumkan bahwa ia akan segera bertemu dengan para pejabat tinggi keamanan dalam beberapa jam ke depan. Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, juga telah mengesahkan pemanggilan pasukan cadangan sebagai langkah respons terhadap situasi ini.

Di wilayah Gaza, suara roket terdengar, dan penduduk melaporkan adanya baku tembak di sepanjang pagar pemisah dengan Israel, terutama di dekat kota selatan Khan Younis. Beberapa warga juga melaporkan melihat pergerakan signifikan dari sekelompok orang bersenjata di daerah tersebut.

Layanan ambulans Israel telah mengirimkan tim-tim ke daerah-daerah di Israel selatan dekat Gaza, dan penduduk setempat diperingatkan untuk tetap berada di dalam rumah sebagai tindakan keamanan.

Selain itu, sebuah kelompok yang mewakili pasukan cadangan militer Israel telah menyatakan niat mereka untuk menolak menghadiri pelatihan karena mereka keberatan terhadap rencana pemerintah untuk merombak sistem peradilan dan meminta para cadangan untuk melapor untuk bertugas.

Kelompok Jihad Islam Palestina juga mengumumkan bahwa para pejuang mereka telah bergabung dengan Hamas dalam serangan ini. “Kami adalah bagian dari pertempuran ini, para pejuang kami berdampingan dengan saudara-saudara mereka di Brigade Qassam hingga kemenangan tercapai,” kata juru bicara sayap bersenjata Jihad Islam, Abu Hamza, dalam sebuah unggahan di Telegram.

Meskipun demikian, beberapa warga Palestina di Gaza mengatakan bahwa mereka sulit mempercayai bahwa Hamas telah berhasil mengepung wilayah Israel. “Ini seperti mimpi. Saya masih tidak bisa mempercayainya,” kata seorang pemilik toko di Gaza.

Serangan ini terjadi sehari setelah Israel memperingati 50 tahun perang tahun 1973 yang membawa negara tersebut ke ambang kekalahan besar dalam serangan mendadak Suriah dan Mesir. Situasi di wilayah tersebut terus berkembang, dan kami akan terus memberikan pembaruan seiring berjalannya perkembangan.

Subscribe

Popular

More like this
Related

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...

Hari Kelautan Nasional 2024: Menelusuri Keajaiban dan Tantangan Laut Indonesia

Merayakan Hari Kelautan Nasional 2024, kita menelusuri keajaiban dan...