Hari Guru Sedunia 5 Oktober: Sejarah, Perkembangan, dan Tema Tahun 2023

Date:

Kita menjelajahi sejarah, perkembangan, dan tema Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober 2023. Pelajari peran penting guru dalam pendidikan global dan bagaimana kita dapat mengatasi tantangan kekurangan guru. Mari rayakan Hari Guru dan hargai pahlawan tanpa tanda jasa di bidang pendidikan.

aksiografi.com – Guru adalah tiang penopang peradaban, dan peran mereka dalam membentuk dunia ini adalah sebuah perjalanan yang patut mendapat penghargaan. Setiap tahun pada tanggal 5 Oktober, seluruh dunia merayakan Hari Guru Sedunia sebagai penghargaan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Inisiatif ini diprakarsai oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sebuah entitas di bawah naungan PBB yang bertujuan untuk menghargai dan mengakui pentingnya profesi guru. Sejarah Hari Guru Sedunia adalah jejak perjalanan yang bermula dari upaya global untuk memuliakan para pendidik.

Infografi Hari Guru Sedunia

Sejarah Hari Guru Sedunia

Pada tanggal 5 Oktober, seluruh dunia menghormati peran penting para guru dalam memajukan pendidikan. Hari Guru Sedunia, 5 Oktober 2023, adalah hari di mana UNESCO menetapkannya sebagai hari yang perlu mendapat perhatian. Hari ini juga menjadi peringatan atas pengadopsian Rekomendasi ILO/UNESCO tentang Status Guru pada tahun 1966. Rekomendasi ini, yang mendasari Hari Guru Sedunia, menetapkan standar hak dan tanggung jawab guru dalam hal persiapan awal, pendidikan lanjutan, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi pembelajaran.

Tidak hanya itu, pada tahun 1997, UNESCO merilis Rekomendasi tentang Status Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi untuk melengkapi rekomendasi tahun 1966. Hal ini mencakup pengajar perguruan tinggi, yang juga memiliki peran sentral dalam membentuk generasi mendatang.

Hari Guru Sedunia merupakan kolaborasi antara berbagai entitas, termasuk Organisasi Buruh Internasional (ILO), UNICEF, dan Education International (EI), untuk menghormati dan mengakui peran penting para guru di seluruh dunia.

Perkembangan Guru di Dunia

Namun, dalam merayakan penghargaan terhadap guru, kita juga harus menyadari tantangan masa depan oleh profesi ini di seluruh dunia. Menurut International Task Force on Teacher for Education 2030 di bawah UNESCO, kurangnya guru menjadi masalah serius akibat bencana alam, konflik, dan perang di berbagai negara seperti Ukraina, Myanmar, Palestina, Kongo, Afghanistan, Burkina Faso, dan Mali.

Berdasarkan data statistik UNESCO , berbagai negara mengalami masalah unik dalam bidang pendidikan.

  • Di India, jumlah guru perempuan menurun karena banyak sekolah yang terletak di daerah terpencil.
  • Guru sangat dibutuhkan dalam situasi pengungsian.
  • Negara-negara seperti Turki, Jerman, dan Uganda memerlukan ribuan guru tambahan, namun seringkali para guru tidak mendapatkan pelatihan yang memadai.
  • Jumlah guru perempuan di sekolah dasar berbeda signifikan antara negara berpendapatan rendah dan tinggi.

Semua ini menunjukkan bahwa tantangan dalam bidang pendidikan adalah hal yang kompleks dan memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak untuk menyelesaikannya.

Tema Hari Guru Sedunia 2023

“Guru yang kita perlukan untuk pendidikan yang kita inginkan: Keharusan global untuk mengatasi kekurangan guru” ada tema Hari Guru Sedunia tahun 2023. Tema ini mencerminkan urgensi masalah ini. Peringatan tahun ini bertujuan untuk mengurangi kekurangan guru dan meningkatkan jumlah mereka secara bersamaan.

Selama perayaan ini, berbagai kegiatan terlaksana untuk menghargai dan mendukung profesi guru. Ada juga kegiatan menganalisis tantangan yang mereka hadapi, dan memberikan inspirasi bagi mereka yang memilih jalur ini sebagai panggilan hidup. Lebih dari 100 negara merayakan Hari Guru Sedunia secara global, sementara Education International (EI) juga aktif dalam kampanye ini.

Pada Hari Guru Sedunia tahun ini, mari kita menghormati dan mengapresiasi peran guru dalam membentuk masa depan melalui pendidikan. Mereka adalah pahlawan yang membimbing kita menuju pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik, dan harus mengakui dan menghargai setiap hari. Selamat memperingati Hari Guru Sedunia!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...