Tanah Amblas Membentuk Lubang Raksasa

Date:

Tanah amblas membentuk lubang besar di kecamatan Cenrana, Maros, Sulawesi Selatan. Peristiwa itu  menjadi perhatian warga sekitarnya dan menjadi heboh di dunia maya.

aksiografi.com – Tanah amblas membentuk lubang besar di kecamatan Cenrana, Maros, Sulawesi Selatan,  menjadi perhatian warga sekitarnya dan menjadi heboh di dunia maya. Lubang itu terbentuk pada Senin, 23 Desember, minggu lalu. Banyak yang menyebutnya dengan istilah ‘ blackhole’, lubang raksasa, dan longsor.

Fenomena Tanah Amblas

Fenomena tanah amblas ini atau Sinkhole. Banyak istilah yang menyebut tanah amblas selain sinkhole seperti cenore, wastafel, lubang wastafel, swallew, swallow hole atau doline. Pembentukan lubang ini terjadi karena adanya depresi atau lubang di tanah. Ada beberapa faktor salah satunya yaitu runtuhnya lapisan permukaan, baik secara alami maupun aktivitas manusia.

“Pemikiran yang menakutkan untuk membayangkan tanah di bawah kaki atau rumah Anda tiba-tiba runtuh dan membentuk lubang besar di tanah”, sebagaimana diungkapkan dalam United State Geological Survey (USGS). Lubang yang awalnya kecil seukuran lingkaran drum terus membesar berdiameter 10 meter pada hari pertama. Hari kedua semakin melebar menjadi 20 meter karena terjadi pengikisan tanah di pinggiran.

Faktor Pemicu

Faktor pemicu terjadinya tanah amblas karena adanya proses karst yaitu pelarutan kimia dari batuan karbonat atau proses suffosion. Misalnya air tanah dapat melarutkan semen karbonat yang mengikat partikel batu pasir bersama-sama. Lalu air tanah itu kemudian membawa partikel yang lemah, secara bertahap membentuk kekosongan di bagian lapisan atas.

Tidak heran jika sinkhole terjadi di Cenrana karena wilayah itu termasuk memiliki batuan karbonat. Sinkhole umumnya terjadi di mana batu di bawah permukaan tanah merupakan batu kapur atau batu karbonat lainnya, tempat tidur garam, atau di batuan lain yang larut, seperti gypsum yang dapat larut secara alami dengan sirkulasi air tanah. Sinkhole juga dapat terjadi di batu pasir dan medan kuartzit.

Tanah amblas yang terjadi di dusun Tana Takko, Desa Lebbo Tengae itu, wilayah yang termasuk formasi Tonasa. Sebagian besar formasi Tonasa merupakan batuan karbonat dengan umur Eosen sampai dengan Miosen. Formasi ini sama dengan yang membentuk kawasan karst Bantimurung yang memanjang termasuk hingga wilayah kabupaten Pangkep.

Batuan jenis batu gamping atau batuan karbonat di Sulawesi Selatan terdapat beberapa formasi, yaitu formasi Tonasa, formasi Makale dan formasi Walanae. Formasi Tonasa mencakup wilayah Maros, Pangkep, Barru dan Jeneponto. Formasi Makale menjelaskan penyebaran batuan karbonat yang ada di Enrekang, Toraja dan Toraja Utara. Sedangkan formasi Walanae sebagai wilayah batuan karbonat yang tersebar di daerah Bone, Sinjai, Bulukumba dan Selayar.

Menurut ahli geologi permukaan bawah tanah, Jamal Rauf Hasan, bahwa kejadian itu, kemungkinan, ada rongga besar di dalam tanah yang menyerupai gua. Maros merupakan satuan batuan formasi Tonasa yang terusun oleh batu gamping. “Air hujan kan mengandung zat asam sehingga terjadi pelarutan,” ungkapnya sebagaimana pada news.detil.com pada selasa, 24 Desember. 

Kepala Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin, Andi Maulana, menyarankan adanya pemetaan daerah-daerah di wilayah itu. Terutama pada lokasi yang ada retakan di permukaan bersamaan munculnya air sebagai upaya mitigasi. “Fenomena seperti ini sebaiknya dapat dideteksi sedini mungkin sebelum terjadinya korban jiwa maupun infrastruktur,” ungkapnya.

Proses Terbentuknya Lubang

Sinkhole juga dapat terbentuk mengikuti pola air-drainase alam yang berubah dan sistem air-diversi baru. Lubang terbentuk ketika permukaan tanah berubah seperti adanya kolam penyimpanan industri dan lubang akibat aktivitas penambangan batu bara. Perubahan ini dapat memicu runtuhnya atas kekosongan atau rongga di bawah permukaan, mengakibatkan pengembangan lubang pembuangan.

Terbentuknya Lubang Pembuangan

Lubang pembuangan terbentuk di mana air melarutkan batu kapur di bawah penutup tanah. Pembubaran memperluas bukaan alami di batuan seperti sendi, patah, dan bidang selimut. Tanah mengendap di bukaan lubang membentuk depresi kecil di permukaan tanah.

Proses terjadinya lubang raksasa

Lubang pembuangan Cover-subsidence

Lubang-lubang penutup-runtuh atau “jebol” terbentuk di mana begitu banyak tanah mengendap sehingga terjadi kekosongan di batu kapur memungkin permukaan tanah runtuh. Permukaan yang runtuh dapat terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan kerusakan yang sangat besar. Lubang pembuangan baru runtuh juga terjadi ketika manusia mengubah pola drainase air alami di daerah karst.

proses tanah amblas membentuk lubang raksasa

Lubang pseudokarst

Tenggelam pseudokarst menyerupai lubang pembuangan karst tetapi terbentuk oleh proses selain dari pembubaran alami batu.

tanah amblas

Percepatan Lubang akibat Aktivitas Manusia

Para ahli karst mengatakan aktivitas manusia dapat mempercepat keruntuhan lubang-lubang pembuangan karst dalam beberapa tahun ketimbang dengan karst yang runtuh dalam kondisi alami yang berkembang selama ribuan tahun.

Seorang insinyur geoteknik mengatakan bahwa lubang pembuangan terinduksi terjadi ketika aktivitas manusia mengubah cara air permukaan mengisi ulang air tanah. Banyak pembuangan meliputi penghilangan kayu, parit, pemasangan pipa, saluran pembuangan, saluran air, drainase badai, pengeboran, dan penggalian tambang, dll. Kegiatan ini dapat meningkat dari permukaan jalan, atap, dan tempat parkir yang tahan air juga mempercepat runtuhnya lubang pembuangan akibat ulah manusia.

Solusi

Potensi keruntuhan lubang pembuangan harus menjadi bagian dari perencanaan penggunaan lahan di daerah karst. Perubahan ketinggian air akan mempercepat runtuhnya lubang pembuangan sehingga tindakan haru diambil untuk meminimalkan perubahan ketinggian air. “Jika runtuhnya bangunan dapat menyebabkan hilangnya nyawa, masyarakat harus waspada terhadap risikonya. Daerah yang paling rentan terhadap runtuhnya lubang pembuangan dapat diidentifikasi dan dihindari,” ungkap  American Society of Civil Engineering (ASCE) dalam jurnal yang dipublikasinya, sinkholes and the engineering and environmental impacts of karst.

Hasil survey USGS yang dipublikasikan pada 1987 menyatakan banyak lubang yang membesar perlahan atau tidak ada peringatan sebelumnya, sementara yang lain, biasanya ada fitur peringatan seperti retak, kendur, kemacetan pintu air, suara retak, dll. “Kepadatan sinkhole adalah faktor penting untuk menentukan area yang paling rentan terhadap pengembangannya. Di mana depresi tertutup telah runtuh ke dalam lubang pembuangan kita tahu bahwa permukaan bawah tanah yang mendasari berisi rongga tidak stabil, dan mungkin sistem gua.

Tahun 2015, ASGS melaporkan perbaikan kerusakan bangunan, jalan raya, dan infrastruktur lainnya menunjukkan biaya rata-rata kerusakan terkait karst di Amerika Serikat selama 15 tahun terakhir berkisar setidaknya 300 juta dolar per tahun dan total sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi. Lubang pembuangan terbesar yang terakhir terjadi di AS tahun 1972 akibat penurunan ketinggian air buatan manusia di tambang batu terdekat, yaitu sinkhole “Giant Desember” atau “Golly Hole”. Ukurannya mencapai sepanjang 425 kaki dengan lebar 350 kaki serta kedalaman pada 150 kaki.

Kejadian tanah amblas di Maros memberikan sinyal bahwa perlu ada penanganan serius penanganan mitigasi. Maros merupakan kawasan karst tersbesar dengan meningkatnya aktivitas manusia termasuk penambangan baik legal maupun ilegal.

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...