Mengurai Hubungan Antara Bencana dan Kesenjangan: Masa Depan yang Tangguh

Date:

Mengurai hubungan antara bencana dan kesenjangan dalam upaya untuk membangun masa depan yang lebih tangguh. Temukan bagaimana UNDRR dan perjanjian internasional berkontribusi pada tujuan ini dalam artikel berita inspiratif ini.

aksiografi.com – Bencana alam dan ketidaksetaraan adalah dua fenomena yang sering kali kita lihat sebagai terpisah, tetapi pada Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional tahun ini, kita diajak untuk mempertimbangkan hubungan dalam kedua aspek ini. Bencana dan ketidaksetaraan adalah “dua sisi dari mata uang yang sama.

Kenyataannya, bencana dan ketidaksetaraan terkait dalam berbagai cara yang mungkin tidak kita sadari. Ketidaksetaraan akses terhadap layanan dan sumber daya bisa memperburuk kerentanan kelompok-kelompok masyarakat yang sudah paling miskin. Mereka yang kurang beruntung seringkali menjadi yang paling terpukul saat bencana datang, karena keterbatasan akses mereka terhadap perlindungan dan layanan. Ketidaksetaraan tidak hanya meningkatkan kerentanan, tetapi juga memperburuk dampak bencana, mendorong lebih banyak orang ke dalam kemiskinan.

Organisasi PBB, Kantor untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR), menyadari keterkaitan kuat ini dan telah memutuskan untuk meningkatkan kesadaran tentang ketidaksetaraan dalam bencana. Tahun ini, tema peringatan Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional adalah “Memerangi Kesenjangan untuk Masa Depan yang Lebih Tangguh.” UNDRR mendorong tindakan untuk memutus siklus bencana dan ketidaksetaraan.

Peringatan ini juga sejalan dengan Kerangka Sendai, sebuah perjanjian internasional yang bertujuan mencegah dan mengurangi kerugian dalam hal kehidupan manusia, mata pencaharian, perekonomian, dan infrastruktur akibat bencana. Kerangka Sendai memiliki tujuh target global dan 38 indikator yang berhubungan dengan Perjanjian Paris tentang perubahan iklim dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kita juga menandai peristiwa ini setelah Tinjauan Tengah Waktu Kerangka Kerja Pengurangan Risiko Bencana Sendai 2015-2030, yang berlangsung pada Mei 2023. Pada acara tersebut, Majelis Umum PBB mengadopsi deklarasi politik yang bertujuan mempercepat langkah-langkah untuk memperkuat ketahanan terhadap bencana.

Peranan UNDRR pada Penyandang Disabilitas

Selain itu, UNDRR juga mengambil langkah yang penting dalam memerangi ketidaksetaraan dengan fokus pada penyandang disabilitas. Meskipun bencana mempengaruhi semua orang, dampaknya sering tidak proporsional bagi mereka yang memiliki disabilitas. Ini tidak selalu terkait dengan keterbatasan individu, melainkan lebih banyak akibat hambatan sosial. Untuk memerangi ketidaksetaraan ini, UNDRR melakukan survei global pertama mengenai disabilitas dan bencana pada tahun 2013. Bulan Oktober akan menyaksikan rilis hasil survei terbaru ini, yang akan memberikan wawasan berharga.

Berdasarkan fakta-fakta ini, kita dapat melihat bahwa bencana dan ketidaksetaraan tidak dapat terpisah satu sama lain. Ini adalah peringatan bahwa ketika kita berusaha membangun masa depan yang lebih tangguh, kita juga harus bekerja untuk mengurangi ketidaksetaraan. Untuk mewujudkan tujuan ini, dunia memerlukan inisiatif lokal dan internasional, perjanjian internasional, dan kesadaran global. Masa depan yang lebih aman dan lebih adil bergantung pada tindakan kita saat ini.

Subscribe

Popular

More like this
Related

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...

Hari Kelautan Nasional 2024: Menelusuri Keajaiban dan Tantangan Laut Indonesia

Merayakan Hari Kelautan Nasional 2024, kita menelusuri keajaiban dan...