Hari Bhakti Adhyaksa: Merayakan Kejaksaan Republik Indonesia yang Mengabdi untuk Keadilan dan Penegakan Hukum

Date:

Hari Bhakti Adhyaksa adalah hari perayaan Kejaksaan Republik Indonesia yang mengabdi untuk keadilan dan penegakan hukum.

aksiografi. com – 22 Juli merupakan Hari Bhakti Adhyaksa, yang juga dikenal sebagai Hari Kejaksaan Republik Indonesia. Tanggal ini menjadi momen penting untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) Kejaksaan Republik Indonesia yang ke-63. Hari Bhakti Adhyaksa adalah kesempatan untuk menghormati dan mengapresiasi peran Kejaksaan dalam menjaga keadilan, memperjuangkan kepentingan umum, dan menegakkan hukum di Indonesia.

Sejarah Hari Bhakti Adhyaksa dimulai dari era Kerajaan Majapahit, yang sudah memiliki sistem pengadilan dengan istilah “Dhyaksa” yang bertugas menangani masalah peradilan. Istilah “Dhyaksa” kemudian menjadi dikenal sebagai “Jaksa” hingga saat ini.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, dibentuklah lembaga penegak hukum untuk menjaga ketertiban umum. Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia diatur dalam Pasal II Aturan Peralihan UUD 1945, yang diperjelas dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 2/1945. Pada masa itu, Gatot Taroenamihardja menjadi Jaksa Agung pertama Indonesia.

Pada tanggal 22 Juli 1960, Kejaksaan Indonesia menjadi departemen yang terpisah (mandiri) melalui rapat kabinet yang diikuti dengan Surat Keputusan Presiden RI 1 Agustus 1960 No. 204/1960. Selanjutnya, Kejaksaan Republik Indonesia disahkan menjadi Undang-Undang No. 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia.

Tanggal 22 Juli kemudian ditetapkan sebagai Hari Kejaksaan berdasarkan Surat Keputusan Menteri/JA No. Org/A-51/1 tanggal 2 Januari 1961. Di era Orde Baru, Undang-Undang tentang kejaksaan berubah menjadi UU No. 5/1991 dan diperbarui pada era Reformasi melalui UU No. 16/2004. UU tersebut menyebutkan bahwa kejaksaan merupakan lembaga pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan dan kewenangan lainnya.

Hari Bhakti Adhyaksa merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap pengabdian insan Adhyaksa, yakni para anggota Kejaksaan Republik Indonesia, yang telah mengabdi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Kejaksaan Republik Indonesia adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya dalam bidang penuntutan. Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan bagian dari kekuasaan negara yang bertugas dalam bidang penuntutan.

Seiring dengan perubahan peraturan perundang-undangan, Kejaksaan Republik Indonesia, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021, dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, melindungi kepentingan umum, menegakkan hak asasi manusia, serta memberantas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Dengan undang-undang baru ini, Kejaksaan Republik Indonesia menjadi lembaga pemerintahan yang berwenang dalam penuntutan dan memiliki kewenangan lain secara independen, terlepas dari pengaruh pemerintah dan kekuatan lainnya.

Hari Bhakti Adhyaksa pada tanggal 22 Juli menjadi peringatan yang penting bagi Kejaksaan Republik Indonesia. Perayaan ini menandai peran penting Kejaksaan dalam menjaga keadilan, menegakkan hukum, dan memperjuangkan kepentingan umum. Perayaan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk menghormati dan mengapresiasi dedikasi para anggota Kejaksaan yang telah mengabdikan diri mereka untuk masyarakat dan negara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...