Anjing Serigala Purba berusia 18.000 tahun

Date:

Anjing serigala purba berusia beku 18.000 tahun menjadi perhatian menarik bagi para ilmuan di dunia. Para peneliti Rusia pun menyebutnya sebagai “dogor” singkatan dari “dog or wolf” untuk penamaan hewan temuan ini.

aksiografi.com – Anjing serigala purba yang masih dalam kondisi utuh ditemukan di bagian terpencil Siberia Timur Laut di Rusia tahun lalu, 2018. Kondisi hewan purba ini masih lengkap utuh dengan gigi dan bulu-bulunya. Para peneliti yang melakukan identifikasi menyebut hewan ini seperti baru saja mati dengan melihat kondisi tubuh yang masih utuh seperti dilansir dari Unilad.

anjing serigala kunci sejarah kedua binatang ini
Foto: Kennedy News/Sergey Fedorov. This 18,000-year-old puppy discovered frozen in ice could be the ‘oldest confirmed dog’ in history

Tubuh hewan jantan ini sepenuhnya masih utuh meski telah berusia 18.000 tahun beku karena berada dalam terowongan lapisan es. Para peneliti Swedia yang memeriksa tulang rusuk belum dapat memastikan hewan ini sebagai salah satu dari keduanya. Mereka masih menduga anjing-serigala ini berasal dari masa awal penjinakan anjing dan mengalami evolusi. Mereka masih berikan simpulan awal bahwa hewan purba ini bisa jadi serigala modern yang sangat awal atau jenis anjing yang paling awal.

Anjing memang selalu mengacu pada serigala hasil domestifikasi Canis lupus familiaris. Meskipun ada yang mengklasifikasinya secara berbeda dari kedua binatang ini sebagai spesies yang berbeda, Canis famliaris, oleh Linnaeus pada tahun1758. Namun pada tahun 1993, Lembaga Smithsonial dan Asosiasi Ahli Mamalia Amerika menetapkan anjing sebagai subspesies serigala abu-abu Canis lupus. 

Para peneliti Rusia pun menyebutnya sebagai “dogor” singkatan dari “dog or wolf” untuk penamaan hewan temuan ini. “Saat kami mendapat hasil bahwa usianya 18.000 tahun, itu adalah periode waktu yang sangat menarik. Kami pikir banyak hal terjadi dengan kedua hewan ini secara genetik.” kata Love Daven, 44 tahun, ilmuwan yang meneliti tulang rusuk hewan ini bersama koleganya, Dave Stanton, 34 tahun.

Penamaan dogor atas penemuan hewan ini karena para peneliti belum dapat mengidentifikasi genetiknya apakah termasuk dalam salah satu gen dari 14 ras anjing-kuno. Memang perkiraan domestifikasi anjing dari serigala berkisar antara 15.000 hingga 20.000 tahun lalu.

Subscribe

Popular

More like this
Related

Menerawang Perjalanan World Day of International Justice Menuju Keadilan Global

Sebuah Refleksi Penuh Tantangan Terhadap Impunitas dan Perjuangan Keadilan...

Membangun Landasan Perbankan yang Kuat: Dari Nasionalisasi hingga Transformasi Bank Indonesia

aksiografi.com – Sejarah perbankan Indonesia mencatat peristiwa penting dengan...

Sejarah Terbentuknya Bank Indonesia: Dari Kolonialisme Menuju Kedaulatan Ekonomi

Pelajari sejarah terbentuknya Bank Indonesia, dari Yayasan Bank Indonesia...

Hari Jurnalis Olahraga Sedunia: Melintasi Garis Waktu Bersama Para Pemangku Cerita

aksiografi.com – Dalam gemuruh sorak-sorai penonton dan teriakan penuh...