Joker Tampil dalam Aksi Demonstrasi di Prancis

Must Read

Joker tampil dalam aksi demonstrasi di Prancis menarik perhatian nitizen. Penampakan joker dalam aksi serikat pekerja menuntu Presiden Emmanuel Macron mundur dari reformasi pensiun yang direncanakannya.

aksiografi.com – Joker tampil dalam aksi demonstrasi di Prancis menarik perhatian nitizen. Aksi Mahasiswa telah memasuki hari kedua, Jumat (6/12/2019). Aksi ini mengakibatkan transportasi umum dan sekolah-sekolah di seluruh Perancis ditutup.

Serikat pekerja mengatakan bahwa aksi tersebut akan terus berjalan hingga Presiden Emmanuel Macron mundur dari reformasi pensiun yang direncanakannya.

Aksi itu menuntut janji Macron untuk membuka ekonomi Perancis yang sangat ketat dalam regulasi terhadap serikat pekerja. Macron menjanjikan untuk membongkar regulasi itu demi perlindungan pekerja.

Para pekerja kereta api memperpanjang pemogokan hingga Jumat hari ini, serikat pekerja di bus Paris dan operator metro RATP menyampaikan pemogokan akan berlanjut hingga Senin depan. Bagi serikat buruh lainnya, mereka menentukan Jumat pagi ini berapa lama mereka akan melanjutkan pemogokan terkait tuntutan aksinya.

“Kami akan protes setidaknya selama seminggu, dan pada akhir minggu itu adalah pemerintah yang akan mundur,” kata karyawan transportasi Paris, Patrick Dos Santor, sebagaimana dikuti pada laman msc.com.

Dalam aksi demonstrasi itu juga muncul pawai anti-pemerintah di Paris dan kota-kota Prancis lainnya. Pengunjuk rasa melemparkan kembang api ke arah petugas, menggeledah halte bus, dan membakar tempat-tempat sampah.

Di antara kerumunan aksi demonstrasi itu, terlihat topeng joker yang dikenakan pengunjuk rasa. Ia dikenal berkarakter kejam dan tindakannya tidak terduga-duga sebagai musuh Batman dalam film yang disutradarai Todd Phillips.

Demonstran yang berpenampilan seperti Joker menjadi simbol pembangkangan dalam aturan yang dibuat penguasa. Arthur Fleck berpandangan sebagaimana dalam filmnya bahwa aturan adalah penghalang untuk dunia yang lebih baik. Ia menyampaikan bahwa manusia itu adalah makhluk serakah yang sangat egois.

Joker sebagai tokoh utama dalam film menyampaikan semua ketidakadilan yang ia rasakan terhadap pemerintah dan manusia-manusia munafik di luar sana.

Demonstran berkostum Joker tampaknya ingin menyampaikan pesan bahwa ketika manusia biasa yang terus-menerus menyimpan dongkol yang besar mengenai ketidakadilan yang dirasakan maka berhati-hatilah jika rasa dongkol tersebut sudah tidak dapat dibendung.

Kehadiran topeng Joker dalam aksi di Prancis membenarkan keprihatinan Amerika Serikat  terhadap film Joker yang terkait adegan kekerasan realistis yang kontroversial.

Beberapa media di Amerika melaporkan pihak kepolisian untuk mengeluarkan peringatan bagi para personilnya saat pemutaran film Joker.

Joker memang menjadi simbol kejahatan absolut. Apakah demonstran juga ingin menyampaikan bahwa mereka adalah simbol kejahatan bagi pemerintah. Ya, tentu bagi sudut pandang pemerintah ketika demonstran melakukan perusakan fasilitas umum apalagi pribadi. Akankah Joker menjadi inspirasi aksi-aksi di beberapa negara? (SY)

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img