Aksi Nitizen Meragukan Hitung Cepat Pilpres

Must Read

Aksi nitizen meragukan hitung cepat Pilpres 2019 yang disiarkan langsung televisi. Hitung cepat pilpres itu dilakukan sejumlah lembaga survei namun mendapat kecaman karena dianggap melakukan penggiringan opini terhadap pemilih yang belum melakukan pemungutan suara di beberapa tempat di Indonesia.

aksiografi.com– Setelah pemungutan suara di TPS, Lembaga survey merilis hasil Quick Count (Hitung Cepat) yang ditayangkan di berbagai siaran televisi, Rabu (17/04/2019).

Hasil Hitung cepat memperlihatkan data di layar televisi Paslon 01, Jokowi-Ma’ruf ungguli Paslon 02, Prabowo-Sandi. Litbang Kompas data 97% dengan perolehan perbandingan persentase Jokowi-Maruf 54,52% sedang Prabowo-Sandi 45,48%.

Namun nitizen merahukan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Pasalnya banyak kecurigaan yang ditampilkan di berbagai televisi. Mislanya, angka yang ditampilkan setipa lembaga survey memenangkan Prabowo-Sandi tapi jumlah akumulasi totalnya justru kebalikan, Jokowi-Ma’ruf yang dimenangkan.

Foto: Diambil dari siaran televisi metro TV

Kejanggalan inilah yang dipertanyakan nitizen dengan memposting video di masing-masing akun facebook, instagram maupun twitter. Aksi nitizen meragukan Hitung Cepat Pilpres mendapat perhatian publik.

Direktur Riset dan Analisis Data Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) Fadlin Guru Don (FGD) merespons adanya pandangan yang meragukan hasil Quick Qount atau hitung cepat Pilres 2019.

Fadlin menyarankan kepada masyarakat Indonesia baik pendukung 01 maupun 02 untuk terus memantau Website Resmi KPU RI, karena menurutnya hanya KPU yang dapat dipercaya terkait adu data lembaga survei.

“Di lapangan rata-rata pendukung 02 tidak ada yang percaya hasil quic qount dari lembaga survei yang ditayang di TV itu, karena lembaga survei itu kesannya memenangkan Jokowi jauh sebelum hari pencoblosan,” ungkapnya.

- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img