Aksi Buruh Mengajukan Lima Tuntutan

Must Read

Aksi buruh mengajukan lima tuntutan kepada Pemerintah Indonesia saat memperingati Hari Buruh, 1 Mei 2019.

aksiografi.com – Aksi buruh dalam memperingati Hari Buruh, 1 Mei 2019, menjadi momentum para Buruh Indonesia mengajukan tuntutan kepada Pemerintah Indonesia.

Berikut tuntutan KSPI :

Pertama, menuntut pencabutan Peraturan Presiden Nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing (TKA). Alasan penolakan TKA melalui tuntutan pencabutan perpres karena peraturan itu dapat mengancam tenaga kerja lokal yang akan kehilangan kesempatan kerja. Peraturan itu dianggap tidak memiliki batasan kejelasan.

Kedua, Menuntut Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan dicabut atau direvisi. Jadikan KHL (kebutuhan hidup layak) 84 item,” ujar Said Ikbal, Presiden KSPI

Ketiga, menghapus sitem kontrak atau outsourcing. “Seluruh tenaga honorer dan magang dijadikan sebagai pegawai tetap” desak Said Ikbal.

Tuntutan lainnya, organisasi buruh meminta pemerintah menurunkan harga beras dan bahan bakar minyak serta tarif dasar listrik.

Terkait tuntutan turunkan harga beras yang cenderung naik. Data trend kenaikan beras seperti yang dilansir katadata.co.id. dengan judul “Rata-Rata Harga Beras di Tingkat Grosir 2018 Naik 2,26%”.

Datanya menunjukkan bahwa rerata harga beras di tingkat grosir sepanjang tahun lalu naik 2,26% menjadi Rp 12.106/kg pada Desember 2018 dibanding Desember 2017 di Rp 11.838/kg (YoY). Kenaikan ini lebih rendah dibanding tahun 2017 yang naik sebesar 3,15% (YoY). Sementara rata-rata harga beras Januari 2019 naik 0,87% menjadi Rp 12.211/kg dibanding posisi akhir tahun lalu.

Gambar grafik diambil dari katadata.co.id.

Tuntutan kedua terkait dengan menolak upah murah. Data olahan katadata.co.id. menunjukkan bahwa upah tukang bangunan tertinggi hanya Rp 157 ribu per hari dengan posisi sebagai mandor pada tahun 2016. Untuk posisi kepala tukang upah yang diberis sebesar Rp 139 ribu per hari. sedangkan posisi tukang diberi upah Rp 121 ribu, dan yang terendah Rp 102 ribu bagi upah pembantu tukang atau kenek.

Angka tersebut merupakan rata-rata dari upah tertinggi tukang bangunan yang berkerja di Pulau Jawa. Perbedaan kota atau daerah pembangunan juga tentunya akan berperangaruh pada upah atau gaji pekerja bangunan yang membuat setiap daerah memiliki standar masing-masing. Berikut grafik yang ditampilkannya:

grafik upah buruh bangungan_aksi buruh
sumber dari katadata.co.id.

Aksi buruh itu menjadi perhatian karena bersamaan dengan tahun politik di Indonesia.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest News

Manfaat Antioksidan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat antioksidan bagi kesehatan tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber makanan yang mengandung antioksidan beragam seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img